Analisis pengaruh faktor sosial dan ekonomi terhadap lingkungan dalam konsep pembangunan berkelanjutan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Nur Afiyatur (2024) Analisis pengaruh faktor sosial dan ekonomi terhadap lingkungan dalam konsep pembangunan berkelanjutan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Afiyatur Rohmah_08020120059 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nur Afiyatur Rohmah_08020120059 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Kajian terhadap konsep keberlanjutan terus berjalan seiring dengan meningkatnya aktivitas perekonomian dan sosial yang tidak bisa lepas dari permasalahan lingkungan. Penelitian ini menyelidiki bagaimana kontribusi faktor-faktor sosial dan ekonomi yang berlangsung di Indonesia dalam mempengaruhi emisi CO2. Tujuannya adalah untuk menganalisis signifikansi jangka pendek dan jangka panjang antara faktor sosial yang diproksikan oleh variabel populasi dan kemiskinan, serta faktor ekonomi yang diproksikan oleh variabel Foreign Direct Investment (FDI) dan Gross Domestic Product per Capita terhadap emisi CO2 di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan berskala nasional dari tahun 1990 hingga tahun 2022 dengan fokus wilayah analisis adalah Indonesia. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan model Autoregressive Distributed Lag (ARDL) untuk menganalisis bagaimana signifikansi faktor sosial dan ekonomi dalam jangka pendek dan jangka panjang. Selain itu, penelitian ini juga mengadopsi pendekatan hipotesis Environmental Kuznets Curve (EKC) sebagai pendukung dalam analisis signifikansi dalam jangka pendek dan panjang dari faktor sosial dan ekonomi yang berkaitan terhadap lingkungan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat signifikansi yang kuat pada perubahan emisi CO2 yang diakibatkan oleh faktor sosial yakni populasi dalam jangka panjang. Faktor sosial lain seperti kemiskinan serta faktor ekonomi yang diproksikan oleh FDI dan GDP per kapita belum berpengaruh signifikan terhadap emisi CO2 di Indonesia dalam jangka panjang. Selain itu, dalam jangka pendek pengaruh yang signifikan disebabkan karena faktor sosial yakni populasi dan faktor ekonomi yakni FDI, dan GDP per kapita. Disisi lain, hipotesis Environmental Kuznets Curve (EKC) juga mengindikasikan bahwa Indonesia belum mencapai turning point untuk bisa lolos dari kondisi surga polusi. Indonesia membutuhkan implementasi konsep sustainable di segala aspek untuk mendukung pengurangan emisi secara global dan mengurangi degradasi lingkungan. Langkah ini dapat dimulai dengan memberikan ketegasan hukum lingkungan dalam kebijakan di berbagai aspek sosial dan ekonomi serta mendorong penggunaan energi terbarukan pada sektor yang terjangkau dan potensial. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian bahwa pengaruh yang signifikan dari faktor sosial dan ekonomi terhadap emisi CO2 di indonesia didominasi oleh pengaruh dalam jangka pendek

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Nur Afiyaturafiaturrohmah1@gmail.com08020120059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsa.ac.id2027067701
Subjects: Ekonomi
Lingkungan Hidup
Keywords: Environmental Kuznet Curve; Emisi CO2; Pembangunan berkelanjutan; Sosial-ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Afiyatur Rohmah
Date Deposited: 26 Apr 2024 02:00
Last Modified: 26 Apr 2024 02:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69847

Actions (login required)

View Item View Item