Adaptasi masyarakat terhadap pembangunan flyover Aloha di Desa Sawotratap, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Vania Alvita (2024) Adaptasi masyarakat terhadap pembangunan flyover Aloha di Desa Sawotratap, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vania Alvita Salsabila_10040320102 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Vania Alvita Salsabila_10040320102 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 April 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana adaptasi masyarakat terhadap suatu pembangunan Flyover yang dapat mempengaruhi kondisi sosial dan ekonomi akibat adanya pembangunan Flyover tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode kualitatif dengan pendekatan positivistik dengan teknik pengumpulan data melalui proses wawancara mendalam, observasi sampai dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan teori Struktural Fungsional milik Talcott Parsons. Berdasarkan data lapangan, ditemukan adaptasi Masyarakat yang disebabkan oleh Pembangunan Flyover Aloha terhadap kondisi Sosial Ekonomi masyarakat Desa Sawotratap, seperti lunturnya interaksi sosial antar masyarakat Desa Sawotratap yang tempat usahanya tergusur yang mana penggusuran tempat usaha masyarakat menyebabkan perubahan terhadap pertumbuhan usaha serta pendapatan yang dihasilkan pedagang atau masyarakat Desa Sawotratap sendiri, selain itu proses pembangunan flyover Aloha mengakibatkan adaptasi positif dan negatif bagi Masyarakat Desa Sawotratap. Adaptasi positifnya ialah setelah adanya proses pembangunan Flyover Aloha ini memudahkan dalam akses perjalanan mereka yang semakin lancar dan semakin mudah mencapai tempat tujuan karena bisa menghindari titik macet bundaran Aloha. Adaptasi positif lainnya adalah dapat mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan mobilitas sosial. Sementara adaptasi negatif dari proses pembangunan flyover ini lebih besar dirasakan oleh para pedagang pengungsi karena lahan yang mereka sewa digunakan untuk proyek pembangunan jembatan Aloha. Adaptasi negatif yang ditimbulkan antara lain terganggunya pekerjaan konstruksi, hilangnya tempat usaha pedagang sehingga berkurangnya jumlah pembeli dan kesulitan perjalanan, peningkatan biaya hidup dan ketidakpastian 'masa depan' yang menanti mereka mendatang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Vania Alvitasalsabilatocomete@gmail.com10040320102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamaltaufiq70@gmail.com2002087005
Subjects: Pembangunan > Pembangunan Desa
Sosiologi > Sosiologi Kota
Keywords: Adaptasi; Flyover; pembangunan; struktural fungsional
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Vania Alvita Salsabila
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:18
Last Modified: 30 Apr 2024 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69852

Actions (login required)

View Item View Item