Ayat-ayat asketis menurut Mufasir Jawa: studi komparatif dalam Kitab Tafsir Al-Ibriz karya Bishri Mustofa dan Al-Iklil karya Misbah Mustofa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taqiyyah, Taqiyyah (2024) Ayat-ayat asketis menurut Mufasir Jawa: studi komparatif dalam Kitab Tafsir Al-Ibriz karya Bishri Mustofa dan Al-Iklil karya Misbah Mustofa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Taqiyyah_07020320082 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Taqiyyah_07020320082 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Di era modern ini banyak kalangan masyarakat yang salah paham dengan arti asketis, dari kesalahpahaman tersebut penelitian ini ingin meluruskan makna dari arti asketis yang berdasar pada ayat-ayat Al-Qur’an. Dan dalam penelitian ini, sikap asketis lebih ditekankan pada sikap hidup sederhana dan kehidupan seimbang antara dunia akhirat. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana penafsiran ayat-ayat asketis menurut Bishri Mustofa dalam tafsir Al-Ibriz dan Misbah Mustofa dalam tafsir Al-Iklil, dan apa persamaan dan perbedaan penafsiran ayat-ayat asketis menurut Bishri Mustofa dalam tafsir Al-Ibriz dan Misbah Mustofa dalam tafsir Al-Iklil. Penelitian ini menggunakan metode yang memadukan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian library research (kepustakaan). Data dan informasi dalam penelitian ini dikumpulkan melalui literatur berbahasa Arab, Jawa dan Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah kedua mufasir sependapat dalam menafsirkan surah al-Nisa’ ayat 77 mengingatkan kepada manusia untuk tidak mementingkan apapun perihal dunia, surah al-Shura ayat 20 menjelaskan bahwa akhirat adalah prioritas dan pada surah al-Qassas ayat 77 menjelaskan bahwa ayat ini mengajak manusia untuk hidup seimbang antara dunia akhirat. Sedangkan perbedaan penafsiran terdapat pada surah al-Hadid ayat 20, Bishri Mustofa menyatakan bahwa asketis itu memprioritaskan akhirat sedangkan Misbah Mustofa menyatakan bahwa asketis itu kehidupan seimbang antara dunia akhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taqiyyah, Taqiyyah07020320082@student.uinsby.ac.id07020320082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarrofah, MusyarrofahMusyarrofah@uinsby.ac.id2014067102
Subjects: Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Asketis; Zuhud; Penafsiran; Mufasir Jawa
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Taqiyyah Taqiyyah Taqiyyah
Date Deposited: 02 May 2024 08:15
Last Modified: 02 May 2024 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69881

Actions (login required)

View Item View Item