Pemberitaan isu-isu LGBT dalam Portal Media Tempo.co perspektif etika Utilitarianisme Jeremy Bentham

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sagitasari, Vivin (2024) Pemberitaan isu-isu LGBT dalam Portal Media Tempo.co perspektif etika Utilitarianisme Jeremy Bentham. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vivin Sagitasari_07020120060 OK.pdf

Download (887kB)
[img] Text
Vivin Sagitasari_07020120060 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 May 2027.

Download (1MB)

Abstract

Di era globalisasi ini, media online memainkan peranan penting dalam memunculkan stigma baru di tengah kehidupan masyarakat. Gaya bahasa dan model pembingkaian berita tentang LGBT yang selama ini dimuat dalam portal media online menjadi salah satu penyebab mengapa respon masyarakat dan pandangannya tentang kelompok minoritas dapat berubah. Akibatnya, dorongan perubahan ini menimbulkan respon masyarakat terpecahbela kedalam 2 golongan yaitu pro dan kontra terhadap LGBT. Sehingga, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana LGBT dalam pandangan etika utilitarianisme Jeremy Bentham dalam pemberitaan portal media Tempo.co. Terdapat 2 rumusan masalah untuk menjawab penelitian ini. Pertama, bagaimana isu-isu LGBT dalam pemberitaan portal media Tempo.co? Kedua, bagaimana isu-isu LGBT dalam pemberitaan portal media Tempo.co prespektif etika utilitarianisme Jermy Bentham?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis teori etika utilitarianisme Jeremy Bentham. Peneliti menggunakan teknik library research dengan studi literatur dan penelusuran data secara online melalui searching, browsing, surfing maupun downloading sebagai media pencarian data penelitian. Sumber data penelitian di dapat peneliti melalui portal media Tempo.co yang secara khusus membahas pemberitaan tentang isu pro dan kontra LGBT. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bentuk pemberitaan isu-isu LGBT yang dihadirkan Tempo.co dalam acara yang bertajuk ASEAN Queer Advocacy Week (AAW) berdasarkan dua sudut pandang yaitu kelompok yang pro terhadap LGBT dan kontra LGBT dengan menyuguhkan alasan atau kronologi pembatalan acara tersebut. Tempo.co menuliskan isi berita dengan melibatkan pandangan lintas feminis dan para aktivis LGBT untuk mendukung kegiatan LGBT yang termuat dalam beritanya dan menyandangkan agama, pihak polisi, Hak Asasi Manusia, MUI, budaya yang menolak tentang LGBT ini. Selain itu, penilaian etika utilitarianisme Jeremy Bentham dijadikan peneliti sebagai dasar untuk melihat LGBT dari segi ketidakbahagiaan (pain) dan kebahagiaan (pleasure). Apakah LGBT bernilai baik atau buruk berdasarkan kebermanfaatan bagi orang banyak. Hasil menunjukkan bahwa LGBT dalam teori etika utilitarianisme tidak menunjukkan tentang kebahagiaan maupun kebermanfaatan sebab lebih banyak mendatangkan ketidakbahagiaan. Mulai dari mengancam kesehatan tubuh, bertentangan dengan nilai-nila agama maupun norma masyarakat, menganggu kenyamanan warga masyarakat, memicu tindakan kekerasan terhadap kelomopok LGBT, bahkan menganggu kesehatan mental.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sagitasari, Vivinvivinsagita4@gmail.com07020120060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSa'ad, Mukhlisinmukhlisin.saad@yahoo.com2028096101
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Filsafat
Etika
Keywords: LGBT; Pro-Kontra Etika; Utilitarianisme dan Tempo.co
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Vivin Sagitasari
Date Deposited: 13 May 2024 07:18
Last Modified: 13 May 2024 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69882

Actions (login required)

View Item View Item