Analisis pengalokasian Dana Desa (DD) dalam upaya mewujudkan Good Governance: studi kasus pada Desa Duwek Buter Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hoiroh, Mulazematul (2024) Analisis pengalokasian Dana Desa (DD) dalam upaya mewujudkan Good Governance: studi kasus pada Desa Duwek Buter Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mulazematul Hoiroh_08010220023 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 May 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Mulazematul Hoiroh_08010220023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sejak Tahun 2014 Pemerintah pusat memberikan Dana Desa yang bertujuan agar mempercepat pembangunan di pedesaan, Dengan pembagian Dana Desa ke banyak desa dalam nominal yang banyak dan laporan keuangan yang beragam, pemerintah desa pasti akan bertanggung jawab atas segala hasil dan realisasi. Oleh karena itu, aparatur desa harus mematuhi prinsip transparansi, akuntansi, dan partisipasi saat mengelola alokasi dana desa sehingga terwujudnya tata Kelola pemerintah yang baik (Good Governance). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip Good Governance dalam pengalokasian Dana Desa di Desa Duwek Buter Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan dekskriptif kualitatif. Sumber data yang diolah merupakan sumber data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini adalah tahap perencanaan sudah sesuai dengan Permendagri No. 113 Tahun 2014, yang dimulai dari Musyawarah Dusun yang melibatkan masyarakat Desa Duwek Buter namun keaktifan Lembaga dan Pemuda Desa sangat kurang dan penyusunan RPJM Desa dan RKP Desa di bahas di Musrengbandes kemudian Raperdes disusun oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK). Tahap pelaksanaan pengalokasian Dana Desa dikerjakan oleh TPK sekaligus bertanggungjawab atas SPJ, dalam tahap pelaksanaan keterlibatan masyarakat Desa Duwek Buter juga sangat aktif. Tahap pertanggungjawaban pengalokasian Dana Desa di Desa Duwek Buter berbentuk Laporan Semesteran dan Laporan Akhir Tahun Realisasi APB Desa, Dan Bentuk pertanggungjawaban terhadap masyarakat adalah mengadakan musyawarah pertanggungjawaban dan membuat Banner realisasi di depan kantor, namun itu hal itu dikeluhkan masyarakat karena akses informasi realisasi masih terbatas dan disarankan memanfaatkan media sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hoiroh, MulazematulMula.zema02@gmail.com08010220023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAripratiwi, Ratna Anggrainiratna.anggraini@uinsa.ac.id2028058903
Subjects: Akuntansi
Ekonomi
Keuangan
Keywords: Dana Desa; Good Governance; perencanaan; pelaksanaan; penatausahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Mulazematul Hoiroh
Date Deposited: 06 May 2024 02:37
Last Modified: 06 May 2024 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69888

Actions (login required)

View Item View Item