Pembiayaan Musyarakah dalam Peningkatan Ekonomi Nasabah Usaha Menengah pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Karya Mugi Sentosa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Larasati, Annisa Dinda (2023) Pembiayaan Musyarakah dalam Peningkatan Ekonomi Nasabah Usaha Menengah pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Karya Mugi Sentosa Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Dinda Larasati_G74219087.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Annisa Dinda Larasati_G74219087_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pembiayaan Musyarakah dalam Peningkatan Ekonomi Nasabah Usaha Menengah pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Karya Mugi Sentosa Surabaya” ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana mekanisme pembiayaan musyarakah dan bagaimana peningkatan ekonomi nasabah Usaha Menengah PT. BPRS Karya Mugi Sentosa Surabaya setelah mendapatkan pembiayaan musyarakah yang ditinjau melalui dua indikator peningkatan ekonomi yaitu omzet usaha dan laba usaha. Metode penelitian pada skripsi ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Jenis dan sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada nasabah Usaha Menengah yang menggunakan pembiayaan musyarakah pada PT. BPRS Karya Mugi Sentosa Surabaya dan direktur utama PT. BPRS Karya Mugi Sentosa Surabaya, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, waktu, dan teknik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa mekanisme pembiayaan musyarakah pada PT. BPRS Karya Mugi Sentosa Surabaya sesuai dengan konsep musyarakah seperti pihak BPRS turut andil dalam pengawasan baik dalam laporan keuangan maupun pengawasan proyek nasabah. Dalam mekanismenya juga menggunakan analisis 5C pada 6 nasabah Usaha Menengah, dari hasil analisis 5C diperoleh bahwa 4 nasabah mendapatkan predikat atau skala BAIK dan 2 nasabah lainnya mendapat predikat CUKUP yang dilihat dari hasil analisis 5C oleh pihak BPRS dan didukung oleh data pada BI Checking. Setelah mendapatkan pembiayaan musyarakah, perekonomian nasabah Usaha Menengah mengalami peningkatan berupa omzet usaha mencapai 30% dan peningkatan laba usaha mencapai 23.38%.Nasabah Usaha Menangah diharapkan tetap konsisten dalam pembayaran modal usaha pembiayaan musyarakah agar pihak PT. BPRS Karya Mugi Sentosa Surabaya mendapatkan feedback atau dana untuk menyalurkan dana pembiayaan musyarakah kepada masyarakat dan nasabah lainnya. PT. BPRS Karya Mugi Sentosa Surabaya juga diharapkan tetap memberikan pelayanan yang terbaik agar seluruh nasabah memilih PT. BPRS Karya Mugi Sentosa Surabaya untuk melakukan penghimpunan dana maupun penyaluran dana yang nantinya berdampak positif pada masyarakat luas, nasabah dan seluruh jaringan kantor BPRS-KMS.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Larasati, Annisa Dindag74219087@student.uinsby.ac.idG74219087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@uinsby.ac.id2014057001
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Keywords: BPRS; usaha menengah; pembiayaan musyarakah; peningkatan ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Annisa Dinda Larasati
Date Deposited: 04 May 2024 01:52
Last Modified: 04 May 2024 01:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69889

Actions (login required)

View Item View Item