Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) berbasis pendekatan onto-semiotik untuk kemampuan pemecahan masalah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhanti, Rinda (2023) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) berbasis pendekatan onto-semiotik untuk kemampuan pemecahan masalah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rinda Ramadhanti_D74217064 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 May 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Rinda Ramadhanti_D74217064.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pemecahan masalah yaitu suatu kegiatan yang dikerjakan dengan mengubah sudut pandang seseorang terhadap masalah tersebut untuk diidentifikasi suatu masalah tersebut dan selanjutnya memutuskan cara untuk menyelesaikan masalahnya. Masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam memahami simbol-simbol matematika menyebabkan pentingnya untuk mempelajari makna dari objek matematika. mempelajari objek matematika yang dihubungkan dengan pembelajaran sangatlah penting untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam memahami objek matematika. Salah satu pendekatan yang digunakan untuk memecahkan masalah menggunakan objek matematika yaitu pendekatan onto-semiotik. Pembelajaran untuk memecahkan masalah menggunakan objek matematika. Objek matematika tersebut meliputi bahasa, konsep, prosedur, komputasi, argumen. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan onto-semiotik yang valid dan juga praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Plomp. Penelitian ini menggunakan empat fase diantaranya fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi, serta fase tes, evaluasi, dan revisi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII-A di Mts Hasyim Asy’ari Sukodono yang terdiri dari 20 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes pemecahan masalah pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian pengembangan ini yaitu berupa deskripsi dari data yang diperoleh. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) mendapatkan nilai rata-rata tiap validitas dari para validator sebesar 3,44 sehingga dapat dinyatakan “valid”. Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) yang telah dikembangkan mendapatkan nilai B sehingga dapat dinyatakan “praktis”. Untuk hasil tes kemampuan pemecahan masalah setelah menggunakan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) yang menggunakan pendekatan onto-semiotik pada materi SPLDV, nilai yang didapatkan oleh peserta didik mayoritas mendapatkan nilai dalam kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhanti, Rindarindaramadhanti98@gmail.comD74217064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorYudi, Usmanusmanyudiwildan@gmail.com2024016501
Subjects: Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD); Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rinda Ramadhanti
Date Deposited: 03 May 2024 03:15
Last Modified: 03 May 2024 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69892

Actions (login required)

View Item View Item