Analisis peran home industry media tanam bagi pemberdayaan ekonomi ibu rumah tangga di desa Bagorejo kecamatan Srono kabupaten Banyuwangi perspektif maslahah mursalah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adiibah, Nabiillatul (2023) Analisis peran home industry media tanam bagi pemberdayaan ekonomi ibu rumah tangga di desa Bagorejo kecamatan Srono kabupaten Banyuwangi perspektif maslahah mursalah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabiilatul Adiibah_G94218205.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nabiilatul Adiibah_G94218205_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 May 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Peran Home Industry Media Tanam bagi Pemberdayaan Ekonom Ibu Rumah Tangga di Desa Bagorejo Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi Perspektif Maslahah Mursalah. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran home industry media tanam pada pemberdayaan ekonomi ibu rumah tangga di Desa Bagorejo Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi dan bagaimana usaha media media tanam tersebut dalam perspektif maslahah mursalah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi dengan pemilik home industry serta beberapa ibu rumah tangga yang bergabung di Desa Bagorejo Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi. Teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan ekonomi ibu rumah tangga pada home industry sudah memberikan dampak positif bagi ibu rumah tangga setempat. Pada tiga proses pemberdayaan yakni penyadaran, transformasi dan peningkatan intelektual, maka kegiatan tersebut sudah memenuhi indikator keberdayaan karena semua ibu rumah tangga yang bergabung pada home industry sudah diberdayakan. Akan tetapi, belum seluruhnya berkembang karena kurangnya literasi keuangan yang berakibat pada kurang baiknya pengelolaan pendapatan. Akan tetapi, home industry media tanam tetap memiliki peran penting yakni membuka lapangan pekerjaan, memberikan pelatihan tenaga kerja kepada ibu rumah tangga yang ingin bergabung, membantu meningkatkan pendapatan, serta mengurangi pengangguran. Dilihat dari perspektif maslahah mursalah, kegiatan pemberdayaan ini telah mampu mewujudkan kemaslahatan yang dilihat dari terpenuhinya unsur Ḥifz al-Dīn (menjaga agama), Ḥifz al-Nafs (menjaga jiwa), Ḥifz al-‘Aql (menjaga pikiran), Ḥifz al-Nasl (menjaga keturunan), dan Ḥifz al-Māl (menjaga harta). Untuk hasil yang lebih maksimal, diharapkan pelatihan yang sudah dilaksanakan dapat dikembangkan lebih baik dengan sistem yang lebih baik lagi agar kedepannya home industry media tanam berkembang lebih pesat. Karena dengan berdirinya home industry di tengah-tengah masyarakat sangat membantu penyerapan tenaga kerja dan membantu dalam mengurangi angka pengangguran walaupun tidak banyak. Selain itu, alangkah lebih baik jika para ibu rumah tangga mendapatkan ilmu tentang literasi keuangan agar dapat mengelola pendapatan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adiibah, Nabiillatulnabiilatul.adiibah@gmail.comG94218205
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitimusfiqohzuhroh@yahoo.co.id2013087601
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; home industry; maslahah mursalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nabiilatul Adiibah
Date Deposited: 06 May 2024 03:31
Last Modified: 06 May 2024 03:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69899

Actions (login required)

View Item View Item