Pengelolaan harta masyarakat prasejahtera dengan metode Islamic Wealth Management (Studi pada penerima program keluarga harapan desaNngronggot Nganjuk)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

El Islami, Muhammad Fatchullah (2023) Pengelolaan harta masyarakat prasejahtera dengan metode Islamic Wealth Management (Studi pada penerima program keluarga harapan desaNngronggot Nganjuk). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Fatchullah El Islami_02040322039.pdf

Download (5MB)
[img] Text
M. Fatchullah El Islami_02040322039_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 May 2027.

Download (5MB)

Abstract

Tesis yang berjudul “Pengelolaan Harta Masyarakat Prasejahtera Dengan Metode Islamic Wealth Management (Studi Pada Penerima Program Keluarga Harapan Desa Ngrongot Nganjuk)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana pengelolaan dan perencanaan harta secara Islami Masyarakat penerima PKH pada aspek Wealth Creation, Wealth Accumulation, Wealth Protection, Wealth Spending, dan Wealth Distribution dalam konsep Islamic Wealth Management. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan evaluatif. Objek penelitian pada Kampung Enam Belas Desa Ngronggot Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur dan dokumentasi pada setiap keluarga penerima PKH. Teknik analisis data dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat PKH kampung enam belas dalam aspek wealth creation telah memenuhi syariat Islam dibuktikan dengan pekerjaaan dalam mencari harta secara halal dan baik. Pada aspek wealth accumulation sebagian masyarakat dalam menyimpan hartanya masih rendah dalam penggunaan lembaga keuangan syariah untuk transaksi keuangan, menyimpan dan meminjam uang di lembaga keuangan. Sebagian masyarakat masih menggunakan lembaga keuangan konvensional dan sisanya tidak menggunakan layanan lembaga keuangan. Pada aspek protection mayoritas masyarakat telah merencanakan perlindungan dalam bentuk jaminan kesehatan. Pada aspek wealth spending masyarakat telah baik dalam mengelola hartanya untuk kebutuhan sehari-hari, tempat tinggal, kendaraan, nafkah keluarga maupun nafkah orang tua, pendidikan anak, kelahiran anak, khitan anak, dan acara keagamaaan. Namun perencanaan masyarakat masih rendah untuk kebutuhan aqiqah anak, pernikahan anak, pensiun, dan hibah waris. Pada aspek wealth distribution masyarakat telah pendistribusian hartanya dengan baik dan terencana untuk kebutuhan zakat, infak, sedekah, dan qurban. Sementara perencanaan masyarakat masih rendah untuk kepentingan wakaf, haji, dan umrah. Secara umum, masyarakat telah menerapkan pengelolaan harta secara Islami, hanya saja pada aspek wealth accumulation sebagian masyarakat PKH kampung enam belas tidak sesuai dengan syariat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
El Islami, Muhammad Fatchullahfatchul.islami12@gmail.com02040322039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis@uinsa.ac.id2011036701
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Masyarakat Islam
Keywords: Islamic wealth management; pengelolaan harta; pkh
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Fatchullah El Islami
Date Deposited: 06 May 2024 02:42
Last Modified: 06 May 2024 02:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69901

Actions (login required)

View Item View Item