Analisis penerapan rescheduling, reconditioning, dan restructuring terhadap penyelesaian pembiayaan bermasalah di KSPPS BMT Ki Slamet Jawatimur Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraininurroh, Novi Eka (2023) Analisis penerapan rescheduling, reconditioning, dan restructuring terhadap penyelesaian pembiayaan bermasalah di KSPPS BMT Ki Slamet Jawatimur Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novi Eka Anggraininurroh_G04219058 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Novi Eka Anggraininurroh_G04219058 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pada era ketidakpastian ekonomi, lembaga keuangan mikro seperti KSPPS BMT Ki Slamet Jawatimur Lamongan seringkali dihadapkan pada tantangan dalam menyelesaikan pembiayaan bermasalah. Dalam konteks ini, strategi rescheduling, reconditioning, dan restructuring menjadi penting untuk memastikan kelangsungan operasional dan kesehatan keuangan lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelesaian pembiayaan bermasalah pada KSPPS BMT Ki Slamet serta penerapan rescheduling, reconditioning, dan restructuring terhadap penyelesaian pembiayaan bermasalah.Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan deskriptif. peneliti menggunakan berbagai metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber kemudian melakukan reduksi data dan penyajian data. Selain itu, triangulasi sumber dan triangulasi teknis digunakan untuk memverifikasi keakuratan data. Hasil dari penelitian ini, Pembiayaan bermasalah di KSPPS BMT Ki Slamet diselesaikan melalui teguran lisan dan tertulis, survei lokasi, penerapan rescheduling, reconditioning, dan restructuring, serta melalui eksekusi menjamin. Dalam konteks ini, penerapan rescheduling, reconditioning, dan restructuring memiliki manfaat yang signifikan dan membantu mengurangi beban bagi nasabah dalam menyelesaikan pembiayaannya. KSPPS BMT Ki Slamet juga merasa senang karena nasabah dapat memenuhi kewajibannya sehingga terhindar dari kerugian. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya fleksibilitas dalam pendekatan penyelesaian pembiayaan bermasalah untuk memperkuat posisi lembaga keuangan mikro dalam menghadapi dinamika ekonomi dan mempertahankan kepercayaan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraininurroh, Novi Ekaanggraininovi896@gmail.comG04219058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Bank Koperasi
Ekonomi Islam
Keuangan
Keywords: Pembiyaan bermasalah; rescheduling; reconditioning, restructuring
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Novi Eka Anggraininurroh
Date Deposited: 06 May 2024 03:26
Last Modified: 06 May 2024 03:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69908

Actions (login required)

View Item View Item