Analisis penerapan prinsip pembiayaan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya pembiayaan bermasalah perspektif Maqashid Syariah: studi pada BTN Syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Novita (2023) Analisis penerapan prinsip pembiayaan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya pembiayaan bermasalah perspektif Maqashid Syariah: studi pada BTN Syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novita Ramadhani_G04219059 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 May 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Novita Ramadhani_G04219059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan bermasalah menjadi fenomena atau kejadian yang ditakutkan oleh semua lembaga keuangan. Oleh karenanya, penerapan kriteria pada calon nasabah menjadi salah satu tindakan preventif yang sangat diperlukan. Salah satu penerapan kriteria tersebut adalah dengan menggunakan prinsip 5C + 1S yang meliputi Character (Karakter), Capacity (Kapasitas), Capital (Modal), Corrateral (Agunan), Condition (Kondisi perekonomian) serta Syariah (Nilai-nilai Islam). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prinsip pembiayaan untuk mencegah terjadinya pembiayaan bermasalah di BTN Syariah KCPS Gresik serta untuk mengetahui upaya penerapan tersebut dalam perspektif maqashid syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini mengambil menggunakan observasi, dokumentasi, serta wawancara dengan tiga narasumber dari BTN Syariah KCPS Gresik serta sepuluh nasabah BTN Syariah KCPS Gresik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa BTN Syariah KCPS Gresik telah menerapkan 5C+1S dalam hal penerapan prinsip pemberian pembiayaan. Upaya ini terbukti cukup efektif untuk mencegah terjadinya pembiayaan bermasalah. Selain itu, dalam perspektif maqashid syariah, layanan BTN Syariah KCPS Gresik telah menerapkan lima aspek, yaitu Hifz al-Mal, Hifz al-Nafs, Hifz al-'Aql, Hifz al-Nasl, dan Hifz al-Din. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak BTN Syariah KCPS Gresik untuk terus menjaga dan mempertahankan kualitas pelayanan yang diberikan. Selain itu, diharapkan juga agar senantiasa menerapkan nilai-nilai Islam dalam aktivitas ekonomi yang dilakukan sebab para nasabah merasa aman dan nyaman dalam menggunakan layanan yang memiliki nilai-nilai Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Novitaramadhaninov29@gmail.comG04219059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasadah, Masadahadahmas@yahoo.co.id2105127801
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Prinsip pembiayaan; pembiayaan bermasalah; Maqashid Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: NOVITA RAMADHANI
Date Deposited: 03 May 2024 07:06
Last Modified: 03 May 2024 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69912

Actions (login required)

View Item View Item