Peran perangkat desa dalam meningkatkan akuntabilitas dan transparansi penggunaan keuangan desa: studi kasus pada Desa Kedungmulyo Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Henika, Barotut Tri (2024) Peran perangkat desa dalam meningkatkan akuntabilitas dan transparansi penggunaan keuangan desa: studi kasus pada Desa Kedungmulyo Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Barotut Tri Henika _08010220005 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 May 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Barotut Tri Henika _08010220005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Akuntansi sektor publik itu berhubungan dengan pengimplementasian dan perlakuan akuntansi yang ada di sektor pemerintah mulai dari pemerintah pusat sampai pemerintah desa. Pemerintahan desa merupakan pelaksanaan urusan yang menangani pemerintahan desa serta kepentingan masyarakat desa mengenai pengelolaan keuangan desa. Pengelolaan keuangan desa merupakan salah satu topik yang menarik dan relevan untuk diteliti karena menyangkut keseluruhan kegiatan pemerintahan desa meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan desa. Perangkat desa harus melaksanakan tugas pengelolaan keuangan desa dengan penuh tanggungjawab dan sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peranan perangkat desa guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi penggunaan keuangan desa di Desa Kedungmulyo Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban serta untuk memahami akuntabilitas dan transparansi laporan realisasi anggaran keuangan desa yang terletak di Desa Kedungmulyo Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan persepsi atau tanggapan yang mendalam mengenai peristiwa yang akan dikaji disertai meneliti peristiwa yang lebih detail. Penelitian ini dilakukan pada Desa Kedungmulyo Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak tiga orang yaitu kepala desa, sekretaris desa, dan kaur keuangan desa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat desa sudah menjalankan perannya sesuai dengan peraturan yang ada dalam Permendagri. Dalam menjalankan akuntabilitas dan transparansi sudah sesuai dengan indikator yang ada. Hal ini, dapat dibuktikan dengan adanya perangkat desa yang sudah menjalankan tugasnya dalam mengatur keuangan desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban. Laporan realisasi keuangan yang ada di Desa Kedungmulyo sudah sesuai dengan indikator akuntabilitas yang ada. Namun, transparansi laporan realisasi anggaran masih kurang transparansi. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada perangkat desa diharapkan kedepannya mampu melaksanakan pemerintahan desa untuk meningkatkan penyampaian informasi mengenai APBDes, laporan realisasi, dan pertanggungjawaban pelaksanaan penggunaan APBDes agar terwujudnya akuntabilitas dan transparansi yang lebih baik lagi dalam mengelola keuangan desa. Masyarakat diharapkan memberikan opininya untuk kinerja perangkat desa Kedungmulyo agar kinerjanya lebih baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Henika, Barotut Tribarrotuttrihenika@gmail.com08010220005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNufaisa, Nufaisanufaisa@uinsby.ac.id2031078904
Subjects: Akuntansi
Keywords: Perangkat desa; akuntabilitas; transparansi; keuangan desa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Barotut Tri Henika
Date Deposited: 03 May 2024 07:01
Last Modified: 03 May 2024 07:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69914

Actions (login required)

View Item View Item