Strategi laris dalam pemenangan Gus Haris sebagai bakal calon bupati dalam pilkada di Kabupaten Probolinggo tahun 2024

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Oktaviana Dewi (2024) Strategi laris dalam pemenangan Gus Haris sebagai bakal calon bupati dalam pilkada di Kabupaten Probolinggo tahun 2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Oktaviana Dewi Wulandari_E74219016.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Oktaviana Dewi Wulandari_E74219016_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Memenangkan suatu kompetisi politik semua entitas politik baik itu partai maupun kandidat sangatlah memerlukan strategi politik, hal ini dimaksudkan agar kemenangan politik, baik itu berupa dukungan politik maupun perolehan suara dalam pemilu bisa diperoleh secara efisien dan efektif. Karena walaupun mereka memiliki berbagai keunggulan-keunggulan tertentu dibandingkan dengan para pesaing-pesaing mereka, namun jika tidak memiliki strategi yang tepat, bukan mustahil keunggulan-keunggulan itu menjadi tidak berarti, bahkan bisa saja menjadi sesuatu yang kontraproduktif dalam perjuangan politik mereka. Dalam Penelitian ini menganalisa Strategi Laris Dalam Pemenangan Gus Haris Sebagai Bakal Calon Bupati pada pilkada di Kabupaten Probolinggo Tahun 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk strategi politik yang digunakan Laris dalam pemenangan Gus Haris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui pengumpulan data wawancara yang melibatkan 7 narasumber dan dokumentasi bukti kegiatan. Kerangka teoritis dan konseptual yang digunakan dalam penelitian ini adalah Strategi Politik dari Peter Schroder yaitu Strategi Politik Ofensif dan Defensif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Laris menggunakan dua strategi dalam pemenangan Gus Haris. Pertama ofensif, Laris menarik pemilih dengan mengadakan event yang memiliki banyak peminatnya seperti lomba mancing, jalan sehat, lalu mengadakan deklarasi bersama. Kedua defensif, Laris menggunakan strategi mepertahankan pemilih dengan memperkuat tali silaturahmi antar pemilih tetap dengan anggota Laris. Dengan dua strategi tersebut diharapkan Gus Haris dapat memenangkan pemilihan Bupati pada 2024 mendatang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Oktaviana Dewie74219016@student.uinsby.ac.idE74219016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHolilah, Holilahmissholilah@gmail.com2018107602
Subjects: Politik
Partai Politik
Pemilihan Umum
Keywords: Pilkada; strategi politik; laris
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Dewi Oktaviana Dewi Wulandari Dewi
Date Deposited: 04 May 2024 02:40
Last Modified: 04 May 2024 02:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69920

Actions (login required)

View Item View Item