Analisis pengaruh bantuan sosial, tingkat pengangguran terbuka, dan tingkat partisipasi angkatan kerja terhadap kemiskinan dengan indeks pembangunan manusia sebagai variabel intervening di Provinsi Jawa Tengah tahun 2018-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Luthfiyyah, Febrianti Dwi (2024) Analisis pengaruh bantuan sosial, tingkat pengangguran terbuka, dan tingkat partisipasi angkatan kerja terhadap kemiskinan dengan indeks pembangunan manusia sebagai variabel intervening di Provinsi Jawa Tengah tahun 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Febrianti Dwi Luthfiyyah_08020120040.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Febrianti Dwi Luthfiyyah_08020120040_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2027.

Download (7MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan suatu kondisi yang melibatkan berbagai aspek multidimensi. Hal ini terkait dengan pendapatan rendah dan keterbatasan sumber daya manusia, yang dapat berdampak pada tingginya tingkat pengangguran dan penurunan angkatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan terkait pengaruh Bantuan Sosial (Bansos), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) baik secara parsial maupun simultan terhadap kemiskinan, dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebagai variabel intervening. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data panel, dan aplikasi Eviews 10 digunakan sebagai alat analisis. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data cross section dan time series dengan rentang waktu tahun 2018-2022, yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan. Dari hasil uji spesifikasi model, teridentifikasi bahwa Fixed Effect Model merupakan model estimasi yang paling sesuai. Secara parsial, TPT memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan, sementara bansos dan TPAK memberikan dampak negatif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan. Selanjutnya, TPT dan TPAK memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap IPM, sedangkan bansos bersifat negatif dan tidak signifikan terhadap IPM. Tetapi, IPM bernilai negatif dan berpengaruh secara signifikan terhadap kemiskinan. Secara simultan, variabel bansos, TPT, dan TPAK berpengaruh terhadap kemiskinan yang di mediasi oleh IPM. Dalam usaha menurunkan tingkat kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Provinsi dapat merancang kebijakan sinkronisasi dan pembaruan data kemiskinan, termasuk kriteria penerima bantuan sosial, seperti keluarga miskin yang kehilangan mata pencaharian dan yang belum terdata. Selain itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia juga menjadi krusial untuk mengurangi tingkat pengangguran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Luthfiyyah, Febrianti Dwifebriantidwi2001@gmail.com08020120040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKafabih, Abdullahabdullahkafabih@uinsby.ac.id2007089103
Subjects: Ekonomi
Kemiskinan
Pengangguran
Keywords: Kemiskinan; bantuan sosial; tingkat pengangguran terbuka; tingkat partisipasi angkatan kerja; indeks pembangunan manusia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Febrianti Dwi Luthfiyyah
Date Deposited: 04 May 2024 02:22
Last Modified: 04 May 2024 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69925

Actions (login required)

View Item View Item