Analisis strategi pemasaran produk Halal Network International-Herba Penawar Alwahida Indonesia (HNI-HPAI) perspektif etika bisnis Islam: studi pada pusat agency HNI-HPAI Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

A'yunin, Qurrota (2023) Analisis strategi pemasaran produk Halal Network International-Herba Penawar Alwahida Indonesia (HNI-HPAI) perspektif etika bisnis Islam: studi pada pusat agency HNI-HPAI Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qurrota A'yunin_G04219063 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 May 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Qurrota A'yunin_G04219063.pdf

Download (4MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah salah satu jenis strategi bisnis yang berhubungan dengan cara meyakinkan pelanggan untuk membeli suatu produk. Strategi pemasaran yang akan digunakan, berhubungan dengan bauran pemasaran (marketing mix) yaitu strategi produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion). Etika bisnis Islam adalah aktivitas bisnis berdasarkan norma-norma Islam yang berusaha harus selalu mengingat Allah dalam konteks ibadah dan memperoleh keuntungan tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain, tetapi juga menghindari aktivitas tertentu yang merugikan orang lain. Tujuan penelitian ini menganalisis bagaimana strategi pemasaran produk HNI-HPAI pusat agency Sidoarjo 2 dan strategi pemasaran yang diterapkan pesrepektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pemilik pusat agency HNI-HPAI Sidoarjo 2 dan konsumen pusat agency HNI-HPAI Sidoarjo 2, metode ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh informasi dan data penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran diterapkan pada Produk HNI-HPAI pusat agency sidoarjo adalah strategi pemasaran yaitu strategi bauran pemasaran (Marketing mix) 4P yaitu product (produk), price (harga), place (distribusi atau saluran pemasaran), promotion (promosi). Promosi yang dilakukan adalah PCA (pakai, cerita, ajak), home sharing, Memberi edukasi kesehatan dan ekonomi. Penerapan strategi pemasaran pusat agency HNI-HPAI Sidoarjo 2 sesuai dengan etika bisnis Islam, dibuktikan dengan ketika memasarkan produk hal yang dulakukan adalah menjelaskan kualitas produk dengan jujur dan memberikan testimoni produk untuk meyakinkan konsumen, memberikan pelayanan tanpa pilih-pilih kedudukan konsumen, murah senyum dan saling mengasihi, selalu ingat halal dan baik saat menjalankan bisnis, baik selama pembuatan produk maupun pemasaran. Adapun rekomendasi yang menjadi bahan masukan kepada pusat Agency HNI-HPAI Sidoarjo 2 yakni, kantong plastik atau goodie bag bertuliskan nama dan informasi kontak toko pusat agency HNI-HPAI Sidoarjo 2. Hal ini dapat membantu strategi pemasaran dari 2 sudut sekaligus, yaitu strategi produk dan strategi promosi. Untuk strategi produk, ini membuat produk tampil lebih menarik dan mudah dihubungi jika ingin membeli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
A'yunin, Qurrotaqurrotayunin18@gmail.comG04219063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Ekonomi Islam
Pemasaran
Keywords: HNI-HPAI; strategi pemasaran; etika bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Qurrota A'yunin
Date Deposited: 07 May 2024 02:41
Last Modified: 07 May 2024 02:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69938

Actions (login required)

View Item View Item