Mental accounting di Indonesia: sebuah tinjauan literatur dengan menggunakan analisis bibliometrik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraeni, Amelia Dwi (2024) Mental accounting di Indonesia: sebuah tinjauan literatur dengan menggunakan analisis bibliometrik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amelia Dwi Anggraeni_08040220107 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 May 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Amelia Dwi Anggraeni_08040220107.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mental Accounting merupakan sebuah proses yang menjelaskan beberapa anomali dalam perilaku konsumen. Memahami mental accounting dapat memberikan wawasan dalam proses pengambilan keputusan terkait tabungan, investasi, utang dan konsumsi seseorang. Beberapa tahun terakhir topik mental accounting telah banyak diteliti dengan tujuan untuk membantu mengelola keuangan seseorang dan mengambil keputusan keuangan yang lebih baik. Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk mengetahui tren dan arah perkembangan penelitian mental accounting dengan cakupan waktu selama satu dekade terakhir atau dari tahun 2013 hingga 2023. Penelitian ini menggunakan pedekatan analisis bibliometrik dengan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Analisis bibliometrik adalah analisis pendekatan yang dilakukan dengan mengumpulkan, memproses, dan menganalisis data untuk mengetahui pola perkembangan, tren, dan karakteristik penelitian yang berkaitan dengan publikasi ilmiah. Jumlah populasi yang didapatkan sebesar 5890 publikasi, lalu diolah menggunakan teknik purposive sampling, dan didapatkan sampel yang dapat digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 473 publikasi. Database yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah Google Scholars dengan bantuan software Publish or Perish. Pada penelitian bibliometrik dataset berupa publikasi diolah menggunakan software VosViewers. Hasil penelitian diperoleh bahwa Saparila Worokinasih dari Universitas Brawijaya merupakan penulis yang paling produktif dengan 3 publikasi dengan tema mental accounting. Teori yang mendominasi penelitian mental accounting adalah Prospect Theory. Sitasi terbanyak diperoleh Elen Rospitadewi dan Sujoko Efferin dengan judul penelitian “Mental Accounting Dan Ilusi Kebahagiaan: Memahami Pikiran Dan Implikasinya Bagi Akuntansi”. Kemudian kata kunci yang paling sering digunakan adalah kata kunci mental accounting dan investment decision making. Arah perkembangan penelitian untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan kata kunci investasi, overconfidence, financial literacy, dan financial management.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraeni, Amelia Dwinrsagrnn@gmail.com08040220107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajeng.tita@uinsby.ac.id198708282019032013
Subjects: Akuntansi
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Mental accounting; tinjauan literatur; analisis bibliometrik
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Amelia Dwi Anggraeni
Date Deposited: 06 May 2024 07:03
Last Modified: 06 May 2024 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69942

Actions (login required)

View Item View Item