Pendampingan masyarakat pesisir dalam pemanfaatan bank sampah di Dusun Rejodadi Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Haqqi, Muhammad Hibatul (2023) Pendampingan masyarakat pesisir dalam pemanfaatan bank sampah di Dusun Rejodadi Desa Campurejo Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Hibatul Al Haqqi_B92219115 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Hibatul Al Haqqi_B92219115 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengorganisasian masyarakat pesisir dalam memanfaatkan bank sampah dalam merespon permasalahan penumpukan sampah yang ada di TPS ( tempat pembuangan sampah ) maunpun yang ada di sekitar permukiman. Masyarakat sekitar belum menyadari bahwa barang bekas yang sudah terpakai masih tetap ada nilai jual yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dengan memanfaatkannya. Bank sampah menjadi wadah dalam pemanfaatan sampah sampah yang belum terkelola dan belum ada yang memanfaatkan, sehingga dapat menjadikan solusi dalam permasalahan sampah dan peningkatan ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Asset Based Community Development (ABCD) yang mana dari metode ini memanfaakan beberapa sumberdaya yang dapat di lakukan dan dapat di kembangkan. Unsur dalam pelaksanaan metode ABCD adalah pertisipasi dari masyarakat, serta memanfaatkan apa yang ada di masyarakat atau yang lebih dikenal dengan half full half empty dan juga beberapa unsur unsur lainnya. Hasil dari penelitian ini adalah adanya kelompok yang sadar dengan lingkungan dengan adanya kegiatan sosial tambahan yakni pengumpulan sampah dari masyarakat serta pengolahan sampah anorganik yang terdapat nilai jual yang cukup serta lingkungan yang bersih. Adanya bank sampah yang berlokasi di Dusun Rejodadi Desa Campurejo juga pernah di cita citakan oleh pemerintah desa untuk membuat bank sampah di daerah Desa Campurejo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Haqqi, Muhammad Hibatulmuhammadhibatulalhaqqi@gmail.comB92219115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@gmail.com2019047802
Subjects: Dakwah > Dakwah bil Hal
Ekonomi
Pengabdian Masyarakat
Keywords: Pengorganisasian; Bank sampah; Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Hibatul Al Haqqi
Date Deposited: 13 May 2024 03:55
Last Modified: 13 May 2024 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69951

Actions (login required)

View Item View Item