Analisis yuridis terhadap media pretest siapnikah.org dan penggunaannya dalam bimbingan pranikah kepada calon pengantin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizal, Firdaus (2023) Analisis yuridis terhadap media pretest siapnikah.org dan penggunaannya dalam bimbingan pranikah kepada calon pengantin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizal Firdaus_C01218028 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 May 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Rizal Firdaus_C01218028.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dituangkan dalam dua rumusan masalah yakni bagaimana pelaksanaan bimbingan pranikah melalui media pretest siapnikah.org dan bagaimana analisis yuridis terhadap media pretest siapnikah.org dan penggunaannya dalam bimbingan pranikah kepada calon pengantin di KUA Kecamatan Krian. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penulisan skripsi ini adalah penilitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis empiris, yakni memadukan antara praktek yang ada di lapangan dengan sumber-sumber hukum yang berkaitan. Sumber hukum digunakan adalah Peraturan Dirjen Bimas Islam Nomor ; DJ. II/542 tahun 2013 tentang Pedoman kursus pranikah dan Keputusan Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 379 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Pranikah Bagi calon pengantin. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif menurut miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan bimbingan pranikah di KUA Krian dengan menggunakan media pretest siapnikah.org berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rundown yang telah dibuat. Pelaksanaan bimbingan pranikah melalui media pretest memiliki beberapa kelebihan. Pertama, melalui media pretest, KUA dapat mengidentifikasi pengetahuan dan kebutuhan khusus calon pengantin, sehingga materi yang disajikan dapat lebih relevan, fokus. Kedua, durasi waktu untuk pelaksanaan bimbingan berkurang dari 16 JPL menjadi 6 JPL. Ketiga, anggaran yang dibutuhkan juga berkurang. Ini menjadikan pelaksanaan bimbingan menjadi lebih efektif dan efisien. Namun juga memiliki beberapa kekurangan; Pertama, Aksesibilitas tidak semua peserta memiliki akses internet yang sama, untuk itu KUA krian menghimbau untuk mengisi pretest saat masih ada di KUA Krian karena telah disediakan Wi-Fi. Kedua, Materi yang disampaikan adalah kebutuhan mayoritas peserta, bukan kebutuhan setiap individu, untuk itu KUA Krian memfasilitasi bimbingan secara mandiri apabila ada peserta yang kurang sesuai dengan materi yang disampaikan. Ketiga, Masih belum banyak yang mengenal website siapnikah.org, untuk itu KUA Krian juga memperkenalkan dan mengedukasi peserta agar lebih bijak dalam menggunakan teknologi. Hasil analisis peneliti menyimpulkan bahwa dalam pelaksanaannya sebagian besar sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku diantaranya adalah pihak penyelenggara, narasumber yang tersertifikasi, peserta yakni remaja usia menikah namun untuk jumlah peserta tidak sesuai, metode yang digunakan yakni ceramah diskusi dan tanya jawab, sumber dana. Adapun yang tidak tidak sesuai dengan sumber hukum yang berlaku adalah materi yang disampaikan hanya sebagaian, durasi waktu pelaksanaan bimbingan dan fasilitas peserta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizal, Firdausarizalfirdaus63@gmail.comC01218028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNaily, Nabielanaily_iain@yahoo.co.id2026028101
Subjects: Bimbingan Penyuluhan
Perkawinan
Keywords: Analisis yuridis; media pretest siapnikah.org; bimbingan pranikah; pengantin
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Rizal Firdaus
Date Deposited: 08 May 2024 07:26
Last Modified: 08 May 2024 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69972

Actions (login required)

View Item View Item