Analisis akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan dalam perspektif PSAK 109 pada Baznas Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rijani, Faradila Ayu (2024) Analisis akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan dalam perspektif PSAK 109 pada Baznas Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faradila Ayu Rinjani_08040220117 OK.pdf

Download (495kB)
[img] Text
Faradila Ayu Rinjani_08040220117 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 May 2027.

Download (4MB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan dokumen yang menyajikan informasi financial suatu entitas dalam periode tertentu. Pada penelitian ini, laporan keuangan yang digunakan adalah laporan keuangan yang disusun berdasarkan PSAK 109, khususnya pada lembaga pengelola zakat atau lembaga nirlaba. Penggunaan PSAK 109 penting karena memastikan laporan keuangan yang disajikan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan dalam perspektif PSAK 109 pada BAZNAS Jawa Timur. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data ini dilakukan dengan melibatkan beberapa pegawai yang ada di BAZNAS Jawa Timur dan melibatkan masyarakat yang berzakat. Selain itu, sumber data yang diterapkan pada penelitian ini ialah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini adalah bahwa laporan keuangan yang disajikan pada BAZNAS Jawa Timur belum sesuai dengan PSAK 109 karena terdapat satu unsur yang belum diterapkan yakni Laporan Perubahan Aset Kelolaan. Selain itu, komponen yang diterapkan BAZNAS Jawa Timur juga sesuai dengan PSAK 109 terkait pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan. Pada BAZNAS Jawa Timur terkait akuntabilitas sudah sesuai dengan prinsip indikator yang diterapkan oleh peneliti mencakup integritas keuangan, pengungkapan, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Sedangkan pada transparansi terdapat indikator yang belum diterapkan yaitu pada indikator publikasi laporan keuangan dikarenakan laporan keuangan yang disajikan belum mengalami keterbaruan sehingga para masyarakat masih kesulitan mengakses laporan tersebut. Hal tersebut menjadi kendala bagi pihak BAZNAS Jawa Timur dan masyarakat dalam hal laporan keuangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rijani, Faradila Ayufaradilafarah04@gmail.com08040220117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangashari.lintang@uinsby.ac.id2008119401
Subjects: Akuntansi
Zakat
Keywords: Akuntabilitas; Laporan Keuangan; Transparansi; PSAK 109; Zakat dan Infaq/Sedekah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Faradila Ayu Rijani
Date Deposited: 13 May 2024 06:43
Last Modified: 13 May 2024 06:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69997

Actions (login required)

View Item View Item