Strategi Fundraising Wakaf uang di koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah Nuri Jatim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Saodatul (2024) Strategi Fundraising Wakaf uang di koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah Nuri Jatim. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saodatul Maghfiroh_02040322029 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Saodatul Maghfiroh_02040322029 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 May 2027.

Download (5MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia yang cukup besar memberikan perhatian terhadap wakaf karena wakaf dianggap sebagai salah satu kekuatan ekonomi umat islam saat ini. Mengingat besarnya populasi umat Islam saat ini, terdapat potensi untuk melaksanakan wakaf produktif. Namun terdapat kesenjangan yang signifikan antara potensi dan kenyataan yang terjadi, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain rendahnya tingkat literasi masyarakat terhadap wakaf serta rendahnya. kualitas dan kuantitas sumber daya manusia. Besarnya selisih antara potensi dan realita wakaf juga terjadi di KSPPS Nuri Jatim (BMN), selain itu juga banyaknya wakif yang tidak kembali berdonasi di BMN sehingga perlu ditelusuri terkait bagaimana strategi fundraising yang diterapkan oleh pengurus BMN dalam meningkatkan jumlah dana wakaf dan mempertahankan. donatur secara tetap.Jenis penlitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian lapangan, dengan mengambil lokasi penelitian di Baitul Maal Nuri (BMN) dan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan Studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh BMN dalam meningkatkan penghimpunan dana wakaf adalah dengan menggunakan tiga model komunikasi(personal, kelompok dan massa). Komunikasi personal paling efektif dalam menghimpun dana wakaf daripada model komunikasi kelompok dan massa terbukti dengan terus meningkatnya perolehan jumlah dana wakaf setiap tahunnya. Dalam proses fundraising, kendala utama yang dialami oleh BMN adalah kekurangan sumber dana manusia, dari kendala tersebut mengakibatkan tidak optimalnya dalam maintenance wakif agar terus berwakaf di BMN, dari kendala tersebut BMN membentuk relawan yang akan membantu dalam proses penghimpunan dan penyaluran wakaf di BMN.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, SaodatulSaodatulmaghfiroh40@gmail.com02040322029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Thesis advisorHuda, Bakhrulbakhrul.huda@uinsby.ac.id2104098501
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam > Wakaf
Keuangan > Keuangan - Manajemen
Keywords: Strategi; fundraising, wakaf
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Saodatul Maghfiroh
Date Deposited: 13 May 2024 08:19
Last Modified: 13 May 2024 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70002

Actions (login required)

View Item View Item