Pengaruh literasi wakaf dan persepsi masyarakat terhadap minat nadzir dalam sertifikasi tanah wakaf di Kecamatan Driyorejo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholikhah, Riska Alfiyah (2024) Pengaruh literasi wakaf dan persepsi masyarakat terhadap minat nadzir dalam sertifikasi tanah wakaf di Kecamatan Driyorejo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riska Alfiyah Sholikhah_08020520034.pdf

Download (859kB)
[img] Text
Riska Alfiyah Sholikhah_08020520034_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 May 2027.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi wakaf dan persepsi masyarakat terhadap minat nadzir dalam sertifikasi tanah wakaf di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nadzir yang berada di Kecamatan Driyorejo dengan Sampel yang di gunakan sebanyak 100 nadzir atau responden dengan mengunakan teknik total Sampling. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 100 responden dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya literasi wakaf dan persepsi masyarakat terkait minat nadzir dalam sertifikasi tanah wakaf. Hal ini dikarenakan pengembangan, pengelolaan, dan pengetahuan mengenai wakaf maupun pentingnya sertifikasi tanah wakaf masih sangat rendah dan tidak terpublikasi dengan baik. Sehingga kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap kantor urusan agama yang mengakibatkan rendah dan lambatnya pengetahuan mengenai wakaf dan sertifikasi tanah wakaf.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa : literasi wakaf berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nadzir dalam sertifikasi tanah wakaf dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 7,822 > 1,66071 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Persepsi masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nadzir dalam sertifikasi tanah wakaf dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 32,295 > 1,66071 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Literasi wakaf dan persepsi masayarakat berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap minat nadzir dalam sertifikasi tanah wakaf dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu sebesar 11,332 > 3,09 dan nilai koefisien determinasi R2 pada penelitian ini diperoleh nilai adjusted R square sebesar 0,922 %.Hasil analisis data menggunakan metode regresi linier berganda menunjukkan bahwa literasi wakaf memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat nadzir dalam sertifikasi tanah wakaf. Begitu pula dengan persepsi nadzir yang juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat nadzir dalam sertifikasi tanah wakaf. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat literasi wakaf dan semakin positif persepsi nadzir, maka semakin besar minat nadzir dalam mengikuti proses sertifikasi tanah wakaf.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholikhah, Riska Alfiyahriskaalfiyahsholikhah@gmail.com08020520034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsegaf, M. Maulanam.maulana@uinsby.ac.id2104098701
Subjects: Tanah
Wakaf
Keywords: literasi wakaf; persepsi nadzir; minat nadzir
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Unnamed user with email 08020520034@student.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 May 2024 06:04
Last Modified: 14 May 2024 06:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70017

Actions (login required)

View Item View Item