Moderasi beragama pada anggota IPNU-IPPNU Desa Patihan Kecamatan Widang Kabupaten Tuban perspektif KH. Hasyim Muzadi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Lisa Mufidatur (2023) Moderasi beragama pada anggota IPNU-IPPNU Desa Patihan Kecamatan Widang Kabupaten Tuban perspektif KH. Hasyim Muzadi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lisa Mufidatur Rohmah_E01219019.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lisa Mufidatur Rohmah_ E01219019_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2027.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam masyarakat Indonesia yang multicultural, sikap bermacam-macam agama yang eksklusif tentu dapat menyebabkan perselisihan antar kelompok agama. Pertengkaran tersebut juga bisa terjadi karena adanya persaingan antar kelompok agama dalam mendapatkan dukungan umat yang tidak didasari dengan sikap toleran. Oleh karena itu, dalam menghadapi banyaknya perbedaan yang ada, sangat diperlukan sikap bearagama yang moderat. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif, yakni penelitian yang berusaha menderkripsikan dari berbagai fenomena-fenomena atau data yang dapat berubah seiring berjalannya waktu terhadap pemahaman konsep moderasi beragama, serta cara penerapannya dalam kehidupan sehari-hari pada anggota IPNU dan IPPNU desa Patihan. Sumber penelitian ini adalah kajian pustaka dan penelitian lapangan. Penelitian ini mengupas tentang konsep moderasi beragama KH. Hasyim Muzadi dan bagaimanakah penerapan nilai-nilai moderasi beragama pada anggota IPNU-IPPNU desa Patihan kecamatan widang, serta dampak yang diperoleh setelah mengimplementasikan sikap moderasi beragama. Metode pengumpulan data diperoleh dari beberapa sumber, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anggota IPNU-IPPNU desa Patihan menerapkan nilai-nilai Moderasi Beragama dengan mengimplementasikan nilai-nilai Tawasut (moderat), Tawazun (seimbang), I’tidal (tegak), Tasamuh (toleransi) yang sesuai dengan prinsip Islam Rahmatan Lil ‘Alamin, yakni menjadi rahmat bagi alam semesta. Melalui program kegiatan seperti LAKMUD, kajian bersana, kegiatan diba’, lomba-moba, serta Qoling.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Lisa Mufidaturlisamufidaturrohmah@gmail.comE01219019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSahal, Muktafimuktafisahal2@gmail.com2013086001
Subjects: Akhlak
Adab
Toleransi
Keywords: Moderasi beragama; KH Hasyim Muzadi; Islam rahmatan lil 'alamin
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: LISA MUFIDATUR ROHMAH
Date Deposited: 21 Jun 2024 05:31
Last Modified: 21 Jun 2024 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70022

Actions (login required)

View Item View Item