Pendampingan PKK dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pengolahan pascapanen kedelai di Dusun Bulaklo Desa Bulaklo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahendra, M. Aditiya (2024) Pendampingan PKK dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pengolahan pascapanen kedelai di Dusun Bulaklo Desa Bulaklo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Aditiya Mahendra_04020220043.pdf

Download (4MB)
[img] Text
M. Aditiya Mahendra_04020220043_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 May 2027.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pemberdayaan masyarakat melalui pendampingan kelompok PKK agar dapat mengelola aset dan potensi disekitar mereka sehingga dapat memperkuat perekonomian masyarakat di Dusun Bulaklo Desa Bulaklo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Pendampingan yang dilakukan peneliti sebagai bagian dari dakwah bill hal dengan melakukan penguatan perekonomian masyarakat agar bisa hidup sejahtera dengan mengelola hasil pascapanen kedelai diharapkan bisa menaikkan nilai jual kedelai. Pada penelitian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) yang menjadikan aset sebagai metode dalam pemberdayaan masyarakat yang dilakukan. Metode ABCD dinilai cocok karena melimpahnya aset dan potensi yang ada di Dusun Bulaklo sehingga dapat dikembangankan dan diolah sebagai metode untuk memperkuat perekonomian. Hasil pendampingan masyarakat yang dilakukan peneliti di Dusun Bulaklo memberikan dampak positif bagi masyarakat dengan berhasil menciptakan produk makanan kekinian sebagai media penguat perekonomian, selain itu juga berhasil terbentuknya kelompok usaha yang beranggotaan ibu-ibu rumah tangga dan kelompok PKK untuk mengkreasi, mengolah dan memasarkan hasil produk kedelai. Melalui pendampingan yang dilakukan berharap bisa memberikan kesadaran bagi masyarakat terhadap aset dan potensi yang ada disekitar mereka dan bisa dikembangkan untuk meningkatkan nilai jual kedelai sehingga dapat menguatkan perekonomian keluarga agar tercapai kesejahteran dan kemaslahatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahendra, M. Aditiyaadityaclvr@gmail.com04020220043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nursama@yahoo.com2007055801
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Kesejahteraan Sosial
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pemberdayaan; ekonomi; pengolahan pascapanen kedelai; makanan kekinian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: M. Aditiya Mahendra
Date Deposited: 13 May 2024 04:13
Last Modified: 13 May 2024 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70025

Actions (login required)

View Item View Item