Analisis etos kerja karyawan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga ditinjau dari perspektif maqasid al-syari’ah: studi pada usaha Batik Tulis Sari Kenongo di Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Putri Intan Dwi (2023) Analisis etos kerja karyawan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga ditinjau dari perspektif maqasid al-syari’ah: studi pada usaha Batik Tulis Sari Kenongo di Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Intan Dwi Lestari_G94216122 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Putri Intan Dwi Lestari_G94216122 Full.pdf

Download (1MB)

Abstract

Etos kerja merupakan faktor penting yang harus dimiliki setiap karyawan. Khusus nya bagi karyawan yang upah nya secara Borongan yakni Upah yang diberikan berdasarkan dengan apa yang dihasilkan. Sikap etos kerja ini diharapkan dapat memberikan dorongan agar produktivitas meningkat dan kesejahteraan keluarga dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etos kerja yang dimiliki karyawan batik tulis Sari Kenongo untuk meningkatkan pendapatan agar tercapainya kesejahteraan keluarga berdasarkan perspektif Maqasid al-Syari’ah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yakni metode yang digunakan untuk menganalisa data berdasarkan kebenaran atau fakta yang diperoleh dari lapangan. Jumlah narasumber dalam penelitian ini sebanyak 14 orang yang terdiri dari 1 orang pemilik usaha dan 13 orang karyawan yang bertugas mencanting, menembok dan ngeblad. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karyawan batik tulis Sari kenongo ada yang beretos kerja tinggi dan beretos kerja rendah. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan penghasilan yang diterima masing-masing karyawan. Perbedaan penghasilan ini dipengaruhi oleh banyaknya kain, seberapa sulit motif dan alus kain yang dihasilkan. Dalam hal kesejahteraan, keluarga karyawan batik Sari Kenongo dapat dikatakan sejahtera, yakni kebutuhan dalam keluarga dapat terpenuhi dengan meningkatnya penghasilan dalam keluarga dan hal ini dapat dilihat melalui tiga penjagaan Maqasid al-Syari’ah. Penelitian ini memberikan saran kepada setiap karyawan untuk memiliki sikap etos kerja, khusus nya bagi karyawan yang upah nya dengan sistem borongan. Karena penghasilan yang mereka terima berdasarkan dengan apa yang dihasilkan. Selain itu untuk pemilik usaha untuk diharapkan selalu memberikan pelatihan kepada setiap karyawannya dan juga diharapkan dapat memberikan tambahan upah agar para karyawan lebih termotivasi.Mengingat harga jual batik tulis dibandrol dengan harga cukup mahal dipasaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Putri Intan Dwiputriintandwilestari@gmail.comG94216122
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com--
Subjects: Ekonomi Islam
Etos Kerja
Kesejahteraan Sosial
Keywords: Etos kerja; kesejahteraan keluarga; maqasid al-syari’ah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lestari Putri Intan Dwi
Date Deposited: 14 May 2024 06:26
Last Modified: 14 May 2024 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70027

Actions (login required)

View Item View Item