Optimalisasi pengelolaan tanaman kunyit sebagai strategi penguatan ekonomi masyarakat Desa Brayublandong Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Nur Rohmatul (2024) Optimalisasi pengelolaan tanaman kunyit sebagai strategi penguatan ekonomi masyarakat Desa Brayublandong Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Rohmatul Aini_04020220046 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 May 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Nur Rohmatul Aini_04020220046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan sebagai penguatan ekonomi masyarakat Desa Brayublandong melalui optimalisasi pengelolaan tanaman kunyit. Hal ini disebabkan potensi tanaman kunyit di Desa Brayublandong cukup besar kurang lebih 15% dari lahan pertanian, namun aset tersebut belum dioptimalkan pemanfaatannnya. Adapun fokus dari penelitian ini adalah strategi penguatan ekonomi masyarakat Desa Brayublandong melalui optimalisasi pengelolaan kunyit. Skripsi ini menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD). Dengan melakukan upaya positif untuk memberikan penghargaan kepada masyarakat atas aset-aset yang dimiliki. Kemudian dilanjut dengan mendesain suatu program yang melibatkan masyarakat mulai dari awal proses pendampingan sampai proses akhir yakni monitoring dan evaluasi. Hasil dari skripsi ini adalah pertama munculnya kesadaran masyarakat berupa pola pikir, sikap dan mengenai pemanfaatan kunyit. Kedua strategi pendampingan yang dilakukan secara partisipasif dengan metode ABCD membawa perubahan dan mempercepat inovasi dalam pengelolaan tanaman kunyit di Desa Brayublandong. Sehingga berimplikasi secara ekonomi untuk masyarakat. Ketiga terbentuknya kelompok usaha yang beranggotakan ibu-ibu rumah tangga yang membuat produk olahan minuman kunyit. Keempat kegiatan ini masuk kedalam dakwah bil hal dengan mengajak masyarakat untuk mempunyai keberdayaan dan mandiri dengan didasari oleh semangat berusaha sesuai dengan perintah Allah SWT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Nur Rohmatulainirohmatul30@gmail.com04020220046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@uinsby.ac.id2019047802
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Penguatan ekonomi; kunyit; pengolahan; dakwah bil hal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Arsip Dakwah
Depositing User: Nur Rohmatul Aini
Date Deposited: 14 May 2024 07:31
Last Modified: 14 May 2024 07:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70039

Actions (login required)

View Item View Item