Analisis hukum Islam dan hukum positif transaksi jual beli ikan sistem lelang pada akun Facebok @fananigoldfish

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rini, Tri Sulistyo (2024) Analisis hukum Islam dan hukum positif transaksi jual beli ikan sistem lelang pada akun Facebok @fananigoldfish. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tri Sulistyo Rini_05040220121 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 May 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Tri Sulistyo Rini_05040220121.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini adalah penelitian yang berjudul “Analisis Hukum Islam dan Hukum Positif Transaksi Jual Beli Ikan Sistem Lelang pada Akun Facebok @FananiGoldFish”. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan. Pertama, bagaimana praktik jual beli ikan sistem lelang pada media sosial facebook @FananiGoldFish? Kedua, bagaimana analisis hukum Islam dan hukum positif terhadap praktik jual beli ikan sistem lelang pada media sosial Facebook @FananiGoldFish? Jenis penelitian pada skripsi ini yaitu jenis penelitian kualitatif dengan memakai metode deskriptif. Sehingga data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif dengan pola pikir induktif, yakni berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus terkait jual beli ikan sistem lelang pada akun Facebook @FananioldFish di Kabupaten Tulungagung yang kemudian dianalisis dengan fakta-fakta yang bersifat umum yakni teori-teori pada Hukum Islam serta Hukum Positif (KUH Perdata Pasal 1320). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli ikan sistem lelang pada patform Facebook @FananiGoldFish dari segi hukum Islam termasuk dalam akad jual beli , sebab telah memenuhi rukun dan syarat jual beli. Sedangkan menurut Hukum Positif (KUH Perdata Pasal 1320) jual beli lelang tersebut sah, namun bagi pembeli yang lalai akan kewajiban memenuhi pembayaran maka ia telah melakukan wanprestasi.Sebagaimana dengan kesimpulan di atas, maka penulis menyarankan bagi pihak @FananiGoldFish mengganti sistem jual beli lelang secara online menjadi jual beli online secara umum untuk mnghindari adanya pemenang lelang yang tidak memenuhi kewajiban dalam melaksanakan pembayaran. Serta bagi peserta lelang jika tidak mampu memenuhi kewajibannya, sebaiknya lebih teliti dan mempertimbangkan dengan baik sebelum mengikuti lelang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rini, Tri Sulistyotrisulistyo.riniiii@gmail.com05040220121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFageh, Achmadachmadfageh@gmail.com0703067304
Subjects: Hukum Islam
Hukum Ekonomi
Jual Beli
Keywords: Lelang; jual beli; muzayadah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Tri Sulistyo Rini
Date Deposited: 14 May 2024 08:25
Last Modified: 14 May 2024 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70045

Actions (login required)

View Item View Item