Pendampingan program kerja kelompok wanita tani barokah melalui program pembuatan pupuk organik dari sisa sampah rumah tangga di Desa Pagerwojo Kecamatan Perak Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Naili Nur (2023) Pendampingan program kerja kelompok wanita tani barokah melalui program pembuatan pupuk organik dari sisa sampah rumah tangga di Desa Pagerwojo Kecamatan Perak Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naili Nur Azizah_B92219117.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Naili Nur Azizah_B92219117_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 May 2027.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penelitian mengenai pendampingan program kerja kelompok wanita tani barokah di Desa Pagerwojo melalui kegiatan pembuatan pupuk organik dari sisa sampah rumah tangga dengan tujuan menciptakan kemandirian kelompok. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan skill dan pengetahuan kelompok wanita tani barokah sehingga mereka mampu untuk terus berinovasi dengan segala aset dan potensi yang mereka miliki.Metode yang digunakan dalam penelitian kali ini menggunakan metode pendampingan kelompok yaitu ABCD (Asset Based Community Develepoment), yaitu metode pemberdayaan masyarakat yang berfokus terhadap pengembangan aset dan potensi yang ada di masyarakat. Terdapat beberapa tahapan yang dilakukan pada proses pendampingan, mulai dari inkulturasi dengan masyarakat hingga tahapan 5D yaitu (Discovery, Dream, Design, Destiny, Define) dengan melakukan analisis hasil evaluasi pendampingan menggunakan Leacky Bucket. Hasil dari kegiatan pendampingan program kerja kelompok wanita tani barokah ini yaitu berupa keberhasilan membuat pupuk organik secara mandiri dan juga meningkatkan jumlah pendapatan hasil panen sehingga mampu meningkatkan penjualan sayuran milik kelompok wanita tani barokah, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan anggota kelompok wanita tani barokah dengan memanfaatkan potensi yang mereka miliki dengan mengimplementasikan dakwah pengembangan masyarakat islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Naili Nurnaylinur10@gmail.comB92219117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pendampingan;p embuatan pupuk organik; peningkatan skill
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Naili Nur Azizah
Date Deposited: 14 May 2024 05:45
Last Modified: 14 May 2024 05:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70063

Actions (login required)

View Item View Item