Implementasi program BLT terhadap penanggulangan keluarga tidak mampu Desa Kemirisewu Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ash-Shiddiq, Mambaul Usulil Hikmah (2024) Implementasi program BLT terhadap penanggulangan keluarga tidak mampu Desa Kemirisewu Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mambaul Usulil Hikmah Ash-Shiddiq_10010320014 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Mambaul Usulil Hikmah Ash-Shiddiq_10010320014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi desa terkait tempat penelitian yang mengalami permasalahan keluarga tidak mampu dan program pemerintah desa terkait fenomena kemiskinan yang dialami desa Kemirisewu. Fenomena kemiskinan di desa Kemirisewu juga muncul berawal dari dampak negatif virus Covid-19 yang menyebabkan penurunan jumlah produksi sehingga pengurangan tenaga kerja, banyaknya karyawan yang di PHK, terganggunya mekanisme pada pasar pada sektor bisnis. Kondisi ini menyebabkan menurunnya kualitas sumber daya manusia sehinga produktivitas dan pendapatan yang diperoleh rendah. Fenomena kemiskinan juga merupakan masalah yang rumit sehingga suatu negara tidak dapat memiliki opsi untuk mengurangi bahkan menghapus fenomena tersebut. Pemerintah desa memiliki tujuan yakni memberantas tingkat kemiskinan yang membutuhkan kerja keras agar pemerintah desa dapat semaksimal mungkin melayani masyarakat agar dapat memiliki kesejahteraan dalam hal sosial maupun ekonomi.Bantuan Langsung Tunai atau bisa disebut BLT merupakan satu program yang berasal dari Dana Desa dan diperuntukkan bagi masyarakat yang mengalami kesulitan dalam perekonomian akibat pandemi Covid-19. Implementasi kebijakan penyaluran dana desa melalui program BLT di Desa Kemirisewu Kec. Pandaan Kab. Pasuruan terlakasana dengan baik dan tepat yang ditandai dengan adanya masyarakat yang menerima manfaat program BLT ini, seperti wawancara penulis dengan masyarakat penerima manfaat program BLT. Adapun teori yang akan digunakan dalam penelitian yang berjudul implementasi program pemerintah desa terhadap penanggulanagan keluarga tidak mampu desa kemirisewu menggunakan teori Fungsionalisme Struktural, karena teori tersebut berkesinambungan yang sehingga dapat menjalankan struktur dan fungsinya dengan baik sesuai tindakan yang mampu memenuhi kebutuhan serta mencapai kebutuhan tersebut. Metode penelitian yang diguanakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pemerintah desa dan informan yang mengalami permasalahan dan dokumentasi yang terkait dengan pemerintah desa dan Masyarakat yang mengalami fenomena keluarga tidak mampu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ash-Shiddiq, Mambaul Usulil Hikmahmambaulashiddiq@gmail.com10010320014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetia@uinsby.ac.id2022127201
Subjects: Islam > Organisasi
Sumber Daya Manusia
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Program BLT; keluarga tidak mampu
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Mambaul Usulil Hikmah Ash Shiddiq
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:37
Last Modified: 08 Jul 2024 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70065

Actions (login required)

View Item View Item