Dinamika fanatisme suporter sepak bola pada laga away

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyadi, Ardin Aurell (2023) Dinamika fanatisme suporter sepak bola pada laga away. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ardin Aurell Cahyadi_J01219010 OK.pdf

Download (415kB)
[img] Text
Ardin Aurell Cahyadi_J01219010 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami, menggali, dan menemukan gambaran fanatisme suporter sepak bola ketika laga away. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi, dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk pengambilan sumber data. Subjek penelitian ini adalah enam narasumber yang dipilih secara significant other, teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan observasi, kemudian data tersebut di analisis dengan teknik analisis data kualitatif dengan tiga tahap; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa hal yang diinginkan suporter ialah melihat tim sepak bolanya menang, dan mereka akan mempersiapkan sesuatu untuk mendukung tim mereka dengan hasil yang diperoleh tim sepak bola kesayangannya, mereka akan tetap setia untuk mendukung, karena sifat kekagumam mereka yang cukup tinggi mengakibatkan rasa cinta yang fanatik, sehingga sering bersifat rusuh terhadap suporter tim lain, yang justru karena adanya rusuh mengakibatkan tidak terkondisinya masing-masing suporter tim dalam laga away bersifat fanatik dalam pertandingan sepak bola tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyadi, Ardin Aurellardin212614@gmail.comJ01219010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbrorry, Luckyluckyabrorry_fpk@uin.sby.ac.id2001107901
Subjects: Olah Raga
Psikologi
Keywords: Fanatisme; Suporter; Sepak bola; Laga away.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Ardin Aurell Cahyadi
Date Deposited: 25 May 2024 19:26
Last Modified: 25 May 2024 19:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70073

Actions (login required)

View Item View Item