Analisis sharia governance pada operasional pegadaian syariah cabang Blauran kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Warang, Japri Yusrifal (2023) Analisis sharia governance pada operasional pegadaian syariah cabang Blauran kota Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Japri Yusrifal Warang_02040321038.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Japri Yusrifal Warang_02040321038_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penilitian ini untuk menjawab rumusan masalah terkait bagaimana proses mitigasi risiko pembiayaan mikro pada operasional Pegadaian Syariah Cabang Blauran, proses mitigasi risiko pembiayaan mikro pada operasional Pegadaian Syariah Cabang Blauran apakah sudah sesuai sharia governance. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kebijakan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, kepustakaan, perekaman, dan pendokumentasian. Informan dalam penelitian ini yaitu pimpinan, para staf mikro dan nasabah pembiayaan mikro. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1). Analisis mitigasi risiko pada tahapan pengajuan pembiayaan KUR Syariah dan Arrum BPKB dilakukan sesuai standar operasional perusahaan. Pada tahapan ini mitigasi risiko dilakukan untuk memitigasi risiko agar tidak terjadi pembiayaan bermasalah serta untuk mngenali risiko yang kapan saja bisa terjadi pada usaha nasabah sebelum pembiayaan berlangsung. Terdapat prinsip sharia governance pada tahapan ini yaitu pegadaian melakukan prinsip transparansi. (2) Analisis mitigasi risiko pada tahapan dikeluarkan keputusan pembiayaan KUR Syariah dan Arrum BPKB dilakukan sesuai standar operasional perusahan. Pada tahapan ini mitigasi risiko dilakukan untuk mempertimbangan mulai dari persyaratan pengajuan pembiayaan sampai pada tahapan untuk dikerluarkan keputusan pembiayaan. Terdapat prinsip syariah governance yang diterapkan pada tahapan dikeluarkan keputusan pembiayaan yakni prinsip kemandirian dan keadilan. (3). Analisis mitigasi risiko pasca pembiayaan KUR Syariah dan Arrum BPKB dilakukan sesuai standar operasional perusahaan. Pada tahapan ini mitigasi risiko dilakukan agar pembiayaan yang diberikan oleh pegadaian bisa membantu kebutuhan masyarakat dan pembiayaan dapat dikembalikan oleh nasabah. Terdapat psinsip sharia governance pada tahapan pasca pembiayaan diantaranya prinsip akuntabilitas dan responsibilitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Warang, Japri Yusrifaljapriwarang2@gmail.com02040321038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Thesis advisorRitonga, Iskandariskandarritonga@yahoo.com2015066502
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Sharia governace; pegadaian syariah; mitigasi risiko
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Japri Yusrifal Warang
Date Deposited: 20 May 2024 07:51
Last Modified: 20 May 2024 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70085

Actions (login required)

View Item View Item