Psychological well-being pada lansia yang tinggal di Panti Tresna Werdha Jombang di Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falah, Muhammad Fajrul (2023) Psychological well-being pada lansia yang tinggal di Panti Tresna Werdha Jombang di Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fajrul Falah_J71219065 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 May 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Muhammad Fajrul Falah_J71219065.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi Psychological Well Being pada lansia yang tinggal di Panti Tresna Werdha Jombang di Kediri, dengan fokus pada enam aspek utama: penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, otonomi, penguasaan lingkungan, tujuan hidup, dan pertumbuhan pribadi. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menganalisis data dari observasi, wawancara, dokumentasi dengan tiga individu lansia yang tinggal di panti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para lansia menunjukkan tingkat penerimaan diri yang baik, dengan menerima dan menghadapi situasi panti dengan senang hati. Mereka juga menjalin hubungan yang positif dengan orang lain, baik sesama penghuni maupun pegawai panti, serta masih merasakan adanya otonomi dalam mengatur hidup mereka. Lansia di panti ini mampu beradaptasi dengan lingkungan baru dan merasa mampu menguasai situasi di panti. Mereka juga menunjukkan adanya tujuan hidup dan pertumbuhan pribadi yang positif dalam kehidupan mereka. Dari ketiga informan yang tinggal di panti sosial tresna werdha menunjukkan psychological well-being yang baik, dengan dukungan sosial dan lingkungan yang mendukung di dalam panti berperan penting dalam meningkatkan kualitas hidup lansia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falah, Muhammad Fajrulfajrulf321@gmail.comJ71219065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJainudin, Jainudinjainudin1962@yahoo.com2008056201
Subjects: Psikologi
Psikologi > Keluarga
Orang tua dan Anak
Keywords: Psychological well-being; lansia; Panti Tresna Werdha
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Muhammad Fajrul Falah
Date Deposited: 15 May 2024 05:20
Last Modified: 15 May 2024 05:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70089

Actions (login required)

View Item View Item