الأفعال الكلامية التوجيهية ووظيفتها في فيلم الرسوم المتحركة حلقات الفضاء على قناة مغامرات المنصور

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhanti, Annisa Rizki (2024) الأفعال الكلامية التوجيهية ووظيفتها في فيلم الرسوم المتحركة حلقات الفضاء على قناة مغامرات المنصور. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Rizki Ramadhanti_03010120003 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 May 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Annisa Rizki Ramadhanti_03010120003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Film animasi Mughomarot Al – Mansour menceritakan petualangan seorang anak kecil berumur 12 tahun yang bernama Mansour. Mansour merupakan anak kecil yang antusias dan ingin tahu dengan segala hal yang ada di sekitarnya. Dalam sebuah tuturan, penutur menyampaikan maksudnya supaya lawan tutur melakukan tindakan sesuai apa yang dimaksudkan penutur. Penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu (1) mendeskripsikan bentuk - bentuk tindak tutur direktif dalam film animasi mughomarot al - mansour episode luar angkasa, dan (2) Mendeskripsikan fungsi yang terdapat dalam bentuk - bentuk tindak tutur direktif dalam film animasi mughomarot al - mansour episode luar angkasa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori bentuk tindak tutur direktif yang diklasifikasikan oleh Prayitno. Adapun hasil dari penelitian ini ditemukan 6 bentuk tindak tutur direktif. Adapun bentuk – bentuk dan fungsinya, yaitu: tindak tutur direktif perintah yang ditemukan 9 data, bentuk tindak tutur direktif permintaan yang ditemukan 3 data, bentuk tindak tutur direktif ajakan yang ditemukan 4 data, bentuk tindak tutur direktif nasihat yang ditemukan 2 data, bentuk tindak tutur direktif kritikan yang ditemukan 1 data, dan bentuk tindak tutur direktif larangan yang ditemukan 1 data. Adapun untuk fungsi yang ditemukan berjumlah 11 fungsi bentuk tindak tutur direktif, yaitu: 3 fungsi menginstruksikan, 4 fungsi menyuruh, 1 fungsi mengharuskan, 1 fungsi memerintah, 1 fungsi mengharap, 2 fungsi memohon, 3 fungsi mengajak, 1 fungsi mendesak, 2 fungsi menghimbau, 1 fungsi marah, dan 1 fungsi melarang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhanti, Annisa Rizkiarmadha.riris@gmail.com03010120003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThoriqussuud, Muhammadthoriqussuud@uinsby.ac.id2018118001
Thesis advisorFrank, Ahmadahmadfrank@yahoo.com2026097602
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Pragmatik; tindak tutur direktif; mughomaroot al-mansour
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Annisa Rizki Ramadhanti
Date Deposited: 15 May 2024 04:28
Last Modified: 15 May 2024 04:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70098

Actions (login required)

View Item View Item