تحقيق مخطوطة نظم العقيدة للشيخ الحاج محمد صالح الثاني (دراسة فيلولوجية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzi, Fadllu Ainul (2024) تحقيق مخطوطة نظم العقيدة للشيخ الحاج محمد صالح الثاني (دراسة فيلولوجية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadllu Ainul Izzi_03010120009 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fadllu Ainul Izzi_03010120009 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Filologi merupakan suatu disiplin ilmu yang berkaitan dengan masa lampau. Kajiannya berfokus pada ranah karya sastra dan kebudayaan lampau, baik itu puisi, sejarah, prosa, dan lainnya. Manuskrip kuno merupakan salah satu warisan budaya yang berharga dari masa lalu manusia. Penelitian terhadap manuskrip kuno tidak hanya memberikan wawasan tentang sejarah, budaya, dan pemikiran manusia di masa lampau, tetapi juga mengungkapkan kekayaan intelektual yang luar biasa. Berdasarkan pada hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menyunting manuskrip "Naẓam Al-'Aqidah" Karya KH. Muhammad Sholeh Tsani Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan manuskrip juga mencari kesalahan penulisan dalam teks, membenarkan kesalahan dalam teks dan memberikan penjelasan pembenaran pada teks yang salah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif filologis “Edward Djamaris”. Mengenai manuskrip, peneliti menggunakan metode landasan dengan mengacu pada satu manuskrip sebagai acuan dalam penelitian. Data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teks dari manuskrip "Naẓam Al-'Aqidah". Data diperoleh dengan langkah-langkah kerja penelitian filologi, yaitu inventarisasi naskah/teks yang sudah dilakukan oleh DREAMSEA dan secara mandiri oleh peneliti dengan fotografi, deskripsi naskah dan teks, transliterasi teks, suntingan teks, dan terjemahan teks. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif.Hasil penelitian ini mendeskripsikan tentang manuskrip "Naẓam Al- 'Aqidah" terdapat tiga manuskrip yang ditemukan oleh peneliti di tempat penyimpanan yang sama dan kondisi manuskrip tersebut dalam keadaan baik, bisa dibaca dan juga ada beberapa lubang di kertasnya. Dari ketiga naskah yang ditemukan peneliti, terungkap bahwa ada penyalin naskah yang berbeda, akan tetapi tetap mempunyai kesamaan yakni pengarang manuskrip tersebut, KH. Muhammad Sholeh Tsani Gresik. Terdapat juga perbedaan diantara ketiga manuskrip tersebut yakni 14 Redaksi isi manuskrip. Dari perbedaan tersebut, suntingan teks dilakukan oleh peneliti dengan penelusuran kesalahan penulisan yang terdapat pada teks yang kemudian dijabarkan pembetulan sesuai kaidah penulisan bahasa Arab dengan mengadakan penambahan, penggantian serta penghapusan pada kata/ huruf yang terdapat pada teks.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzi, Fadllu Ainulfadlluainulizzi@gmail.com03010120009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhud, Fathinfathinmasyhud@uinsby.ac.id2014057602
Thesis advisorRohman, Abdurvi_man84@yahoo.co.id2001068001
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Filologi
Manuskrip
Sastra
Keywords: Filologi; Manuskrip; Naẓam Al-'Aqidah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Fadllu Ainul Izzi
Date Deposited: 16 May 2024 02:01
Last Modified: 16 May 2024 02:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70111

Actions (login required)

View Item View Item