Teknik komunikasi dalam surah Yusuf: studi analisis tafsir surah Yusuf ayat 4-6 dan 78-79 perspektif ilmu komunikasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukhlis, Imam (2023) Teknik komunikasi dalam surah Yusuf: studi analisis tafsir surah Yusuf ayat 4-6 dan 78-79 perspektif ilmu komunikasi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Mukhlis_02040521024.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Imam Mukhlis_02040521024_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Alquran banyak menyajikan ayat-ayat dalam bentuk praktik komunikasi. Hal ini membuat peneliti tertarik melakukan pembacaan ayat-ayat tersebut tidak hanya dari sudut pandang ilmu tafsir semata, akan tetapi dari kacamata ilmu komunikasi. Dalam tulisan ini peneliti memilih ayat-ayat tertentu yang bernuansa komunikasi, kemudian mengahadirkan tafsirnya dilanjutkan dengan pembacaan ayat tersebut dari perspektif ilmu komuniaksi. Namun peneliti hanya akan fokus pada Teknik komunikasinya saja. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Peneliti memilih surah Yusuf ayat 4-6 dan 78-79 untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tafsir ayat-ayat tersebut kemudian menganalisis teknik komunikasi yang terdapat dalam praktik komunikasi di dua ayat tersebut. Motode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Untuk teori yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari bidang ilmu komunikasi, yaitu teori komunikasi Harold Laswell dan teori komunikasi Sirkuler Osgood dan Schramm. Selain itu, acuan dalam analisis teknik komunikasi merujuk pada perspektif Onong Uchjana Effendi, ia mengatakan teknik komunikasi terdiri dari empat macam, yaitu informatif, perusasif, koersif dan human relations. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik komunikasi yang digunakan dalam praktik komunikasi di surah Yusuf ayat 4-6 adalah teknik komunikasi informatif. Sedangkan yang terdapat pada Yusuf ayat 78-79 adalah teknik komunikasi persuasif dan teknik komunikasi informatif. Berdasarkan dari aspek model komunikasi maka teori yang relevan dengan kedua ayat Yusu>f tersebut adalah teori sirkuler, hal ini karena praktik komunikasi yang disajikan di kedua ayat tersebut merupakan praktik komunikasi dua arah. Kata kunci: Tafsir, Nabi Yusuf, Teknik Komunikasi.http://digilib.uinsby.ac.id/http://digilib.uinsby.ac.id/http://digilib.uinsby.ac.id/vi MOTTOَ َكَذٰلِك َ نَجْزِى الْمُحْسِنِيْنوَلَمَّا بَلَغ َ اَشُدَّه ٓٗ اٰتَيْنٰه ُ حُكْمًا وَّعِلْمًا ۗو٢٢ “Ketika dia telah cukup dewasa, Kami berikan kepadanya kearifan dan ilmu. Demikianlah, Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.” QS. Yussuf (12): 22

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukhlis, ImammukhlisH46@gmail.com02040521024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Mohammadarif18@uinsa.ac.id2018017002
Thesis advisorSyakur, Abd.akurasakur66@gmail.com2004076603
Subjects: Komunikasi Islam > Komunikasi
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Tafsir; Nabi Yusuf; teknik komunikasi
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Imam Mukhlis
Date Deposited: 16 May 2024 02:50
Last Modified: 16 May 2024 03:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70120

Actions (login required)

View Item View Item