منهج تعليم اللغة العربية دراسة مقارنة بين المنهج في المدرسة دار المعرفة الإسلامية غونطور 3 كديري والمنهج في المدرسة أمانة الأمة الثانوية الإسلامية ماجاكرطا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alwi, Achmad Baidowi (2023) منهج تعليم اللغة العربية دراسة مقارنة بين المنهج في المدرسة دار المعرفة الإسلامية غونطور 3 كديري والمنهج في المدرسة أمانة الأمة الثانوية الإسلامية ماجاكرطا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Baidowi Alwi_02040921016 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 May 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Achmad Baidowi Alwi_02040921016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Kurikulum pembelajaran Bahasa arab di Darul Makrifat gontor 3 kediri dan Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah Mojokerto. 2. Persamaan dan perbedaan Kurikulum pembelajaran Bahasa arab di Darul Makrifat gontor 3 kediri dan Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah Mojokerto. 3. Faktor pendukung dan penghambat Kurikulum pembelajaran Bahasa arab di Darul Makrifat gontor 3 kediri dan Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah Mojokerto. Metode penelitian yang dipakai adalah studi perbandingan. jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif komparatif. populasi penelitian ini adalah Darul Makrifat gontor 3 kediri dan Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah Mojokerto (analisis komparatif) dan sampel penelitian ini adalah kelas 5 Darul Makrifat gontor 3 kediri dan kelas 12 MBI Amanatul Ummah Mojokerto. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga langkah, yaitu : pengumpulan data (dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi), mengkaji data-data secara sistematis dan mengambil kesimpulan dengan menverifikasi mana data yang lebih mendalam dengan mengkaji hasil yang telah dikumpulkan. Hasil dari penelitian ini adalah : 1. Menunjukkan bahwa kurikulum yang diterapkan di Darul Makrifat gontor 3 kediri adalah Kulliyatul Muallimat Al-Islamiyyah (KMI) dan Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) Amanatul Ummah Mojokerto menerapkan kurikulum Muadalah Al-Azhar. 2. Menunjukkan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan yang signifikan antara dua kurikulum tersebut yang terdiri dari tujuan, materi, metode, dan evaluasi. 3. Menunjukkan bahwa ada faktor yang menghambat dan mendukung terhadap penerapan kurikulum di dua sekolah tersebut dari faktor internal maupun faktor eksternal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alwi, Achmad Baidowibaidowialwi33@gmail.com02040921016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaediulum_masedi@yahoo.com2024126501
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com2007017001
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pengajaran
Keywords: Kurikulum; pembelajaran Bahasa Arab; studi perbandingan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: baidowi alwi
Date Deposited: 17 May 2024 07:18
Last Modified: 17 May 2024 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70123

Actions (login required)

View Item View Item