Efektivitas penerapan metode market place activity terhadap peningkatan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 3 Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maknuna, Lu'luil (2024) Efektivitas penerapan metode market place activity terhadap peningkatan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 3 Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lu'luil Maknuna_06020120036 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 May 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Lu'luil Maknuna_06020120036.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode market place activity terhadap peningkatan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 3 Waru. Peneliti mengkaji tiga permasalahan diantaranya: 1) Bagaimana penerapan metode market place activity pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 3 Waru? 2) Bagaimana minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 3 Waru? 3) Bagaimana efektivitas penerapan metode market place activity terhadap peningkatan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 3 Waru? Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan peserta didik kelas VIII SMPN 3 Waru sebagai subjek penelitiannya. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 322 peserta didik dari 9 rombel. Dalam penelitian ini, teknik sampling yang digunakan oleh peneliti adalah purposive sampling yang bertujuan untuk menetapkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian diperoleh hasil yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas tersebut terdiri atas 33 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan angket kemudian dianalisis dengan independent sample t-test (uji-t sampel tidak berpasangan). Dari penelitian ini, maka didapatkan hasil sebagai berikut: 1) Penerapan metode market place activity pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 3 Waru menunjukkan hasil 89,23% berada pada rentang 80%-100% dengan kategori sangat baik. 2) Persentase minat belajar peserta didik kelas VIII kelas eksperimen sebesar 81,39% berada pada rentang 80%-100% dengan kategori sangat baik. Sedangkan persentase minat belajar peserta didik pada kelas kontrol memperoleh hasil 75,69% berada pada interval 60%-79% yang termasuk dalam kategori baik. 3) Efektivitas penerapan metode market place activity terhadap peningkatan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 3 Waru dianalisis menggunakan independent sample t-test melalui SPSS for Windows versi 23. Melalui aplikasi tersebut menunjukkan bahwa hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,007 < 0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penerapan metode market place activity terhadap peningkatan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 3 Waru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maknuna, Lu'luilnunamaknuna8@gmail.com06020120036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Subjects: Metode Pembelajaran
Minat Siswa
Keywords: Metode market place activity; minat belajar; peserta didik; mata pelajaran PAI; Budi Pekerti
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lu'luil Maknuna
Date Deposited: 16 May 2024 08:05
Last Modified: 16 May 2024 08:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70124

Actions (login required)

View Item View Item