Analisis faktor kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM dalam pembayaran PPh Final atas transaksi jual beli online di marketplace shopee

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Septari, Navyyah (2024) Analisis faktor kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM dalam pembayaran PPh Final atas transaksi jual beli online di marketplace shopee. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Navyyah Septari_08040220129.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Navyyah Septari_08040220129_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 May 2027.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Faktor Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku UMKM dalam Pembayaran PPh Final Atas Transaksi Jual Beli Online di Marketplace Shopee” bertujuan untuk mengetahui faktor kepatuhan wajib pajak seperti dari faktor sosialisasi perpajakan, kualitas pelayanan pajak, pemahaman agama, dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak pelaku UMKM yang melakukan transaksi jual beli online di Shopee dalam membayarkan PPh final. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan data primer berupa kuesioner yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel yang diperoleh sebanyak 96 responden dengan menggunakan rumus Unknown Population. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software IBM SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pemahaman agama dan kesadaran wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, ditujukan nilai uji t hitung > t tabel secara berurutan sebesar 3,992 > 1,990 dan 2,695 > 1,990. Sedangkan variabel sosialisasi perpajakan dan kualitas pelayanan pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak ditujukan nilai uji t hitung < t tabel secara berurutan sebesar 0,125 < 1,990 dan -0,376 < 1,990. Namun, seacara simultan keempat variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan nilai uji f hitung > f tabel sebesar 13,758 > 2,463. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan para wajib pajak pelaku UMKM yang bertransaksi jual beli online di Shopee dapat terus mematuhi kewajiban pembayaran pajak penghasilan atas usaha yang dimiliki dan meningkatkan tingkat kepatuhan pajak. Sebagai upaya tambahan, diharapkan pemerintah dapat menyelenggarakan sosialisasi perpajakan yang efektif dan meningkatkan kualitas layanan, sehingga potensi celah yang dapat dimanfaatkan oleh wajib pajak untuk menghindari pembayaran pajak dapat diminimalkan. Hal ini penting untuk mencegah penurunan tingkat kepatuhan wajib pajak yang berpotensi mengakibatkan ketidakcapaian target penerimaan negara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Septari, Navyyahnavyyahseptari02@gmail.com08040220129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAristantia, Selvia Ekaselvia.eka@uinsby.ac.id2030079304
Subjects: Akuntansi
Keywords: Sosialisasi perpajakan; kualitas pelayanan pajak; pemahaman agama; kesadaran wajib pajak; kepatuhan wajib pajak; UMKM; PPh Final; transaksi jual beli online' marketplace shopee
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Navyyah Septari
Date Deposited: 17 May 2024 04:00
Last Modified: 17 May 2024 04:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70145

Actions (login required)

View Item View Item