Pendampingan masyarakat dalam pengelolaan hasil perikanan di Desa Srowo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmala, Rena (2023) Pendampingan masyarakat dalam pengelolaan hasil perikanan di Desa Srowo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rena Fatmala_B92219124 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rena Fatmala_B92219124 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 May 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini terfokus pada tiga tujuan, yang pertama strategi pendampingan dalam peningkatan ekonomi. Yang kedua hasil dari proses pendampingan masyarakat dalam peningkatan ekonomi. Yang ketiga relevansi pendampingan masyarakat yang dilakukan dalam peningkatan ekonomi melalui pengelolaan hasil perikanan dengan dakwah pengembangan masyarakat.Untuk menjalankan strategi ini, peneliti menggunakan metode penelitian berbasis aset yaitu ABCD (Asset Bassed Community Development) dengan beberapa strategi pendekatan melalui inkulturasi dan FGD (Focus Group Discussion), yang selanjutnya melalui tahapan 5 D yakni menemukenali aset (define), memimpikan masa depan merancang aksi perubahan (design), melaksanakan aksi (define), sertsa melakukan monitoring dan evaluasi (destiny).Hasil dari penelitian ini dengan strategi pendampingan yaitu pembentukan kelompok pengelolaan hasil pertambakan, pelatihan pembuatan produk olahan kripik basreng, pelatihan pengemasan, dan pelatihan pemasaran. Dari strategi pendampingan yang dilakukan membawa hasil perubahan yaitu masyarakat lebih peka terhadap aset yang dimiliki dan mampu mengembangkannya Adapun relevansi pendampingan masyarakat dengan dakwah yang dilakukan di Desa Srowo menggunakan dakwah bil hal yaitu menyeru untuk mengajak kebaikan dengan megelola aset pemberian Allah. Dengan adanya proses pendampingan ini berhasil membentuk kemandirian dalam bidang ekonomi sehingga mampu meningkatkan taraf hidup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmala, Renarenafatmala1414@gmail.comB92219124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnsori, Mohammadanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Keterampilan
Masyarakat
Keywords: Pendampingan Masyarakat; Aset; Ekonomi Kreatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rena Fatmala
Date Deposited: 18 May 2024 07:38
Last Modified: 18 May 2024 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70157

Actions (login required)

View Item View Item