Analisis hukum islam terhadap tradisi Deke'an pada pernikahan di Desa Kupang Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Winariyah, Siti (2024) Analisis hukum islam terhadap tradisi Deke'an pada pernikahan di Desa Kupang Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Winariyah_05020120085 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Siti Winariyah_05020120085 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Data-data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari lapangan dengan cara menggali data secara langsung dengan melihat objek yang diteliti, dimana peneliti akan berperan sebagai subjek penelitian. Peneliti melaksanakan penelitian di Desa Kupang Kecamatan Jabon Sidoarjo guna meneliti pelaksanaan tradisi deke’an pada pernikahan.Dalam penelitian ini, jika ditinjau dari jenis datanya maka penelitian ini diklarifikasikan menjadi penelitian kualitatif empiris. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa tradisi deke’an yang dilakukan secara turun-temurun oleh masyarakat Desa Kupang bahkan sejak nenek moyang dan para tetua terdahulu hingga dilakukan sampai sekarang dengan berdasar nilai-nilai yang terkandung pada tradisi deke’an tersebut.Meskipun ketidakpastian dalam konsep transaksi deke’an ini baik hutang piutang maupun hibah tetapi sesungguhnya tradisi ini dilandasi dengan nilai-nilai sosial seperti tolong-menolong dan mempererat silaturahim.Sehingga dalam pelaksanaan tradisi deke’an ini sesuai dengan aturan ajaran agama Islam.Apabila ditinjau dengan hukum Islam dalam pandangan maslahah mursalah tradisi deke’an ini masuk ke dalam maslahah hajjiyah karena berbentuk keringanan guna mempertahankan dan memelihara kebutuhan mendasar manusia serta tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan hadis dalam pelaksanannya.Dalam pengkajian yang dilakukan oleh peneliti yang sesuai dengan syariat Islam maka dalam pelaksanaan tradisi deke’an ini telah sesuai dengan kajian maslahah mursalah karena menciptakan kemaslahatan dan tidak menimbulkan kesukaran serta tidak bertolak belakang dengan hukum Islam.Saran dari penelitian ini ditujukan kepada para pemuka agama beserta tokoh masyarakat guna menghimbau mengenai perayaan pernikahan agar dilaksanakan sesuai syariat Islam, terkhusus kepada sohibul hajat agar tetap menjaga terlaksananya tradisi-tradisi menurut hukum Islam agar senantiasa mendapat keberkahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Winariyah, Sitiswinariyah@gmail.com05020120085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSam'un, Sam'un--2008085901
Subjects: Budaya - Agama
Hukum Islam > Perkawinan
Keywords: Perkawinan; Penikahan; tradisi; Dekeán
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Siti Winariyah
Date Deposited: 20 May 2024 02:52
Last Modified: 20 May 2024 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70161

Actions (login required)

View Item View Item