Fitur live streaming aplikasi shopee dalam perspektif manajemen risiko bisnis islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fithri, Windy Dwi Zhelsa (2023) Fitur live streaming aplikasi shopee dalam perspektif manajemen risiko bisnis islam. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Windy Dwi Zhelsa Fithri_02040322035 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Windy Dwi zhelsa Fithri_02040322035 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas belanja online yang semakin marak menciptakan fenomena baru pada strategi penjualan yang disebut dengan live streaming. Salah satu e-commerce yang memiliki fitur tersebut yakni aplikasi belanja online Shopee. Fitur Shopee live memungkinkan konsumen memperoleh informasi mendetail terkait produk yang akan dibeli, akan tetapi di sisi lain fitur ini juga berpotensi memicu timbulnya beberapa risiko. Agar risiko tersebut dapat dikendalikan maka dibutuhkan manajemen risiko yang tepat dan kontinuitas. Islam mendukung praktik manajemen risiko selama tidak mengandung unsur gharar, maisir, riba, dan dzolim. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manajemen risiko bisnis Islam fitur live streaming aplikasi Shopee pada akun Sunbeauty.id, Seoyeonsleepwear, Kurniawatiellys dan Anugrah Atk.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini diperoleh risiko yang dialami oleh akun Seoyeonsleepwear, Sunbeauty.Id, Kurniawatiellys dan AnugerahAtk ialah sepi peminat, gangguan jaringan internet serta kepercayaan konsumen untuk mengatasi risiko tersebut maka setiap akun memilih waktu dan provider yang tepat. Guna mengatasi risiko kepercayaan konsumen, penanganan yang diberikan dengan memberikan informasi produk secara mendetail kepada konsumen serta menyediakan provider yang mendukung aktivitas streaming. Prosedur manajemen risiko yang dilakukan oleh pelaku live streaming terdiri dari identifikasi risiko, pengukuran risiko dan pengelolaan risiko. Manajemen risiko yang dilakukan merupakan praktik dari prosedur manajemen risiko yang terdapat pada teori manajemen risiko bisnis Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fithri, Windy Dwi Zhelsawindydwi2512@gmail.com02040322035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah@uinsby.ac.id--
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen
Keywords: Risiko bisnis; Manajemen risiko bisnis Islam; Fitur live streaming
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Windy Fithri
Date Deposited: 20 May 2024 06:43
Last Modified: 20 May 2024 06:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70163

Actions (login required)

View Item View Item