Pola komunikasi organisasi dalam mempertahankan solidaritas anggota IPNU-IPPNU Periode 2022-2024 di Desa Sidomojo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifiyanti, Alfina (2023) Pola komunikasi organisasi dalam mempertahankan solidaritas anggota IPNU-IPPNU Periode 2022-2024 di Desa Sidomojo Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfina Arifiyanti_B95218097 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alfina Arifiyanti_B95218097 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang dilakukan anggota IPNU-IPPNU Desa Sidomojo dalam mempertahankan solidaritas anggotanya serta hambatan-hambatan komunikasi yang ada. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data primer pada penelitian ini adalah Lutfi Fadli Faqih selaku ketua IPNU Desa Sidomojo dan Miftahul Jannah selaku ketua IPPNU Desa Sidomojo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi organisasi IPNU-IPPNU dengan penerapan teori sistem: (1) Arus pesan yang dilakukan dalam berkomunikasi antar anggota berupa arus komunikasi seluruh arah, komunikasi ke bawah yakni pesan yang disampaikan ketua pada anggotanya, komunikasi keatas untuk menyampaikan pesan anggota ke ketua, komunikasi horisontal yang digunakan oleh para anggota organisasi yang memiliki kedudukan yang sama. (2) Hambatan komunikasi yang terjadi berupa perbedaan bahasa yang digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifiyanti, Alfinaalalfina2202@gmail.comB95218097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, Muchlismuchlis_79@yahoo.com2024117902
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Organisasi Masyarakat
Keywords: Pola Komunikasi; Komunikasi Organisasi; Solidaritas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Alfina Arifiyanti
Date Deposited: 18 May 2024 08:18
Last Modified: 18 May 2024 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70176

Actions (login required)

View Item View Item