Penguatan partisipasi masyarakat dalam pengembangan wisata di Desa Sekapuk Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahiroh, Nabillatuz (2023) Penguatan partisipasi masyarakat dalam pengembangan wisata di Desa Sekapuk Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabillatuz Zahiroh_B72219068 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 May 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Nabillatuz Zahiroh_B72219068.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada tiga hal yaitu yang pertama, bagaimana strategi penguatan partisipasi masyarakat dalam pengembangan wisata desa dan yang kedua, bagaimana hasil dari strategi penguatan partisipasi masyarakat dalam pengembangan wisata. Dan yang terakhir bagaimana relevansi penguatan partisipasi masyarakat dalam mengembangkan wisata di desa sekapuk kecamatan ujungpangkah kabupaten gresik dengan dakwah pengembangan masyarakat islam. Untuk menjalankan strategi ini, peneliti menggunakan metode penelitian berbasis asset yang biasa di sebut dengan ABCD (Asset Based Community Development) dengan menggunakan beberapa pendekatan yaitu di mulai dengan inkulturasi (pendekatan), setelah itu di lanjut dengan mengungkap masa lalu (Discovery), menceritakan harapan dan impian mereka (Dream), merencanakan strategi (Desaign), melaksanakan aksi (Define), dan monitoring serta evaluasi (Destiny). Untuk mecapai strategi ini maka yang di lakukan adalah FGD (Focus Group Discussion) bersama masyarakat untuk menggali asset. Hasil dari fokus penelitian tersebut bahwa strategi penguatan masyarakat melalui berbagai kegiatan seperti edukasi dengan adanya sosialisasi tentang kepariwisataan, bekerja sama dengan masyarakat untuk merancang pengembangan asset, memanfaatkan lahan kebuh buah jeruk, serta adanya dukungan dari pihak pemerintah. Dan untuk hasil dari strategi penguatan partisipasi masyarakat tersebut adalah masyarakat sudah mempunyai bekal dalam mengembangkan wisata setigi, selain itu juga tingkat partisipasi masyarakat sudah lebih baik dan aktif dari pada sebelumnya. Serta dalam aksi program untuk menguatkan partisipasinya dalam mengembangkan wisata tersebut pendamping dan masyarakat memunculkan ide baru dengan membuka agrowisata petik buah jeru sebagai inovasi wisata baru di wisata setigi. relevansi penguatan partisipasi masyarakat ini di lakukan di desa sekapuk dengan menggunakan dakwah bil hal yang berarti menyeru untuk melakukan perubahan. Penguatan partisipasi bertujuan untuk meningkatkan kapasitas partisipasi masyarakat serta upaya menyadarkan mereka pentingnya mengetahui asset yang ada di dalam diri mereka. Kemampuan untuk mengembangkan wisata yang dimiliki ini sebaik mungkin akan mampu mewujudkan impian yang mereka harapkan. Menghasilkan kesadaran masyarakat dalam mewujudkan dan mengembangkan agrowisata kebun buah jeruk dengan baik dan inovasi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahiroh, Nabillatuzzahirohmiqdad@gmail.comB72219068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZahiroh, Nabillatuzzahirohmiqdad@gmail.com2018087502
Subjects: Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan masyarakat; partisipasi masyarakat; pengembangan wisata
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nabillatuz Zahiroh
Date Deposited: 21 May 2024 07:32
Last Modified: 21 May 2024 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70185

Actions (login required)

View Item View Item