Pengaruh tenaga kerja dan investasi terhadap kemiskinan di provinsi Jawa Tengah dengan pertumbuhan ekonomi sebagai Variabel Intervening

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiansyah, Jefri (2024) Pengaruh tenaga kerja dan investasi terhadap kemiskinan di provinsi Jawa Tengah dengan pertumbuhan ekonomi sebagai Variabel Intervening. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jefri Ardiansyah_08020120043 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Jefri Ardiansyah_08020120043 OK.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data sekunder dari tahun 2020 hingga tahun 2022 yang diperoleh dari website Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Badan Pusat Statistik (BPS) serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur atau path analysis dengan data panel dan pengolahan data dengan bantuan software Eviews 10, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji koefisien determinasi dan uji sobel. Setelah dilakukan pengujian diperoleh model regresi yang sesuai yaitu fixed effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung variabel Tenaga Kerja dan Investasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Variabel Tenaga kerja dan Investasi memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Kemiskinan, sedangkan Pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Kemiskinan. Secara tidak langsung variabel Tenaga kerja dan Investasi memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Kemiskinan melalui Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020-2022.Peneliti berharap kepada Pemerintah Provinsi agar dapat memprioritaskan pengembangan investasi berdasarkan kebutuhan setiap daerah. Data ini dapat menjadi referensi bagi pengambil kebijakan dan pelaku bisnis untuk memahami dinamika investasi. Dengan memahami penyebab penurunan investasi, pihak berkepentingan dapat merespons, termasuk penyesuaian kebijakan atau strategi bisnis. Pemerintah daerah juga diharapkan dapat memberikan perhatian lebih besar terhadap pengeluaran pada program pengentasan kemiskinan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiansyah, Jefrijefryardiansyah68@gmail.com08020120043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, AbdulHakim.febi@gmail.com20040870004
Subjects: Ekonomi
Kesejahteraan Sosial
Keywords: Tenaga Kerja; Investasi; Pertumbuhan Ekonomi; Kemiskinan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Jefri Ardiansyah
Date Deposited: 20 May 2024 08:09
Last Modified: 20 May 2024 08:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70207

Actions (login required)

View Item View Item