Dialog lintas agama di ruang digital: analisis terhadap social responce pada pola keberagamaan inklusif dalam konten youtube log-in

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azisi, Ali Mursyid (2023) Dialog lintas agama di ruang digital: analisis terhadap social responce pada pola keberagamaan inklusif dalam konten youtube log-in. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ali Mursyid Azisi_02040122002 OK.pdf

Download (942kB)
[img] Text
Ali Mursyid Azisi_02040122002 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini fokus mengkaji tentang dialog lintas agama di ruang digital, terkhusus pada konten Log-In yang dewasa ini menarik perhatian berbagai pemeluk agama. Dialog lintas agama pada dasarnya oleh beberapa akademisi maupun peneliti sudah dikaji dalam bentuk berbagai tulisan, namun hanya terbatas pada konseptual, saran digencarkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sosial, baik secara langsung maupun di ruang digital. Maka dari itu, tesis ini hadir untuk memotret kebaruan kajian dalam hal dialog lintas agama, yaitu menganalisis respon sosial masyarakat digital pada konten Log-In yang dinarasumberi oleh berbagai pemeluk agama. Setidaknya terdapat dua rumusan penelitian yang ditetapkan, pertama adalah mengkaji nilai sosial keagamaan yang disampaikan-dibicarakan dalam konten Log-In. Aspek kedua adalah penekanan pada analisis respon sosial yang terfokus pada komentar di setiap video dari berbagai pemeluk agama di Indonesia. Metode yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini yaitu kualitatif dengan studi media dan kepustakaan/literature sebagai pelengkap kajian. Dari tiga puluh video konten Log-In yang tersedia, hanya dibatasi tujuh video yang memiliki kesesuaian dengan potret utama kajian ini, yaitu tujuh video. Teori yang digunakan untuk membedah kajian ini pertama yaitu teori modal sosial ala Bordieu dan teori pendidikan multicultural ala James A. Banks untuk membedah sub kajian pertama. Lalu teori yang digunakan untuk membedah sub kajian kedua adalah teori Stimulus, Organism and Respon (S-O-R) dari B. Aubrey Frisher. Penelitian ini pada akhirnya menghasilkan dua implikasi teoritik atau konsep baru dalam kajian keislaman dan keagamaan berbasis akademik. Pertama, menghasilkan sebuah temuan teoritik atau konseptual yaitu Religious Progresif (keberagaaan yang progresif), yaitu pola beragama yang berkemajuan, artinya mampu mengimplementasikan nilai-nilai agama yang berbasis kemanusiaan, toleransi, semangat kebangsaan, menghargai perbedaan, menghargai budaya, dan menjaga hubungan baik antar pemeluk agama. Temuan atau implikasi teoritik kedua yaitu, peneliti membagi tiga tipologi respon masyarakat digital terhadap dialog lintas agama di ruang digital; pertama, keberagamaan inklusif; kedua, keberagamaan eksklusif; dan ketiga, keberagamaan pragmatis. Pola keberagamaan pragmatis (bersumbu pendek) inilah yang merupakan temuan konsep baru sikap beragama, yaitu ia berada di antara pola beragama inklusif dan eksklusif. Pola beragama semacam ini nantinya akan berdampak pada keberagamaan yang instan (instan religiousity), yaitu bersumbu pendek dan berpotensi menyebabkan sikap beragama yang serampangan. Kedua implikasi teoritik ini nantinya diharapkan bisa bermanfaat bagi peneliti atau akademisi sebagai tambahan materi kajian keagamaan maupun keislaman di Indonesia. Tidak hanya itu, dari hasil penelitian ini juga diharapkan bisa bermanfaat pada agamawan, stakeholder, dan masyarakat umum sebagai ilmu pengetahuan tambahan terkait dialog lintas agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azisi, Ali Mursyidalimursyidazisi18@gmail.com02040122002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nursama@yahoo.com2007055801
Thesis advisorFaletehan, Aun Falestienaunff@yahoo.co.id2014058201
Subjects: Dirasah Islamiyah
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Dialog Lintas Agama; Ruang Digital; Log-In; Islam; Kristen; Katolik; Konghucu; Hindu; Buddha
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Ali Mursyid Azisi Azisi
Date Deposited: 21 May 2024 03:52
Last Modified: 21 May 2024 03:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70210

Actions (login required)

View Item View Item