Penyampaian pesan dakwah dengan teknik Neuro Linguistic Programming (NLP) di Surabaya: studi makna pesan dakwah (Studi Makna Pesan Dakwah)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dicky Nur, Rahman (2024) Penyampaian pesan dakwah dengan teknik Neuro Linguistic Programming (NLP) di Surabaya: studi makna pesan dakwah (Studi Makna Pesan Dakwah). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dicky Nur Rahman_02040722009 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 May 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Dicky Nur Rahman_02040722009.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk menjawab permasalahan bagaimana proses penyampaian pesan dakwah dengan teknik NLP, bagaimana makna penyampaian pesan dakwah dengan teknik NLP bagi mitra dakwah serta apa saja faktor pendukung dan penghambat penyampaian pesan dakwah dengan teknik NLP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta dianalisis menggunakan teknik analisis data miles dan huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses penyampaian pesan memiliki tiga tahap yaitu tahap persiapan yaitu fisik, mental dan teknis. Tahap penyusunan pesan dengan konsep yang disebut “KEMAH KUAT” yang menjelaskan bagaimana cara menyusun sebuah pesan dakwah. Tahap terakhir, penyampaian pesan dengan teknik NLP yaitu representational system, rapport, framing, reframing, anchoring, meta model, nested loop, well-formed outcome, time line, circle of excellent, sub modality remap, modeling, dan visualisasi. Sedangkan makna pesan dakwah dari 3 kelompok yaitu mitra dakwah mahasiswa memaknai pesan sebagai dorongan untuk mencegah kemungkaran. Pegawai memaknai pesan sebagai penyemangat dalam bekerja keras sampai tuntas dan mitra dakwah siswa binaan memaknai pesan sebagai ajakan untuk berpikir positif terhadap Allah. Faktor pendukung internal pendakwah NLP yaitu kredibilitas, teknik NLP, persiapan yang baik dan teknologi, serta faktor pendukung eksternal dari segi lingkungan yaitu ruangan yang nyaman dan mendukung penyampaian pesan dakwah. Sedangkan faktor penghambat yaitu lingkungan yang tidak kondusif yaitu kondisi ruangan, durasi dakwah dan motivasi mitra dakwah. Penulis menyarankan adanya penelitian selanjutnya yang lebih fokus pada pengaruh dan keefektivitas teknik NLP secara kuantitatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dicky Nur, Rahmandickynurr7@gmail.com02040722009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLuluk Fikri, Zuhriyahlulukfikri@uinsby.ac.id2004126901
Thesis advisorArif Ainur, Rofiqarifainurrofiq@uinsby.ac.id2008087706
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah, Psikologi
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; teknik Neuro Linguistic Programming (NLP)
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dicky Nur Rahman
Date Deposited: 22 May 2024 05:14
Last Modified: 22 May 2024 05:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70225

Actions (login required)

View Item View Item