Analisis penerapan prinsip syariah terhadap prosedur pembiayaan akad murabahah: studi kasus pada KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Intan Prameswari (2024) Analisis penerapan prinsip syariah terhadap prosedur pembiayaan akad murabahah: studi kasus pada KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Prameswari Safitri_08040420129.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Intan Prameswari Safitri_08040420129_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Prosedur pembiayaan murabahah yang dilakukan KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera harus terbebas dari riba, gharar, maisir, objek haram, dan zalim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pembiayaan murabahah dan menganalisis penerapan prinsip syariah terhadap prosedur pembiayaan murabahah di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh bersumber dari pihak yang terlibat langsung dalam KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera baik pendiri, pegawai, maupun anggota koperasi. Sumber data berasal dari literatur sebelumnya, seperti jurnal, buku, internet, dan kepustakaan lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pembiayaan akad murabahah yang dipraktikkan oleh KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera masih melanggar beberapa prinsip-prinsip syariah berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah yaitu larangan riba, gharar, dan menimbulkan zalim dalam menjalankan aktivitas bisnisnya, namun praktik prosedur pembiayaan akad murabahah KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera terbebas dari unsur maisir dan objek haram. Hal ini menunjukkan secara teori murabahah tidak sama seperti pembiayaan kredit di lembaga keuangan konvensional, namun masih ada praktik dari murabahah yang tidak sesuai dengan syariat Islam sehingga menjadi salah satu alasan masih banyaknya kesalahan persepsi pada masyarakat tentang pembiayaan murabahah dan pembiayaan kredit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Intan Prameswariintanprameswari312@gmail.com08040420129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasadah, Masadahmasadah789@gmail.com2105127801
Subjects: Murabahah
Keywords: Prinsip syariah; KSPPS; prosedur akad murabahah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Intan Prameswari Safitri
Date Deposited: 28 May 2024 01:34
Last Modified: 28 May 2024 01:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70243

Actions (login required)

View Item View Item