Pengaruh program sekolah ramah anak terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azis, Annisa Rahmania (2024) Pengaruh program sekolah ramah anak terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Rahmania Azis_06040120071.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Annisa Rahmania Azis_06040120071_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas lebih dalam mengenai pengaruh Program Sekolah Ramah Anak terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas VII di SMPN 1 Waru Sidoarjo. Fokus utama penelitian meliputi implementasi program, evaluasi dampaknya terhadap karakter siswa, dan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitasnya. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu”1) untuk mengetahui penerapan Program SRA di SMPN 1 Waru Sidoarjo, 2) untuk mengetahui karakter peserta didik kelas VII di SMPN 1 Waru Sidoarjo, 3) untuk mengetahui pengaruh Program SRA terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data, digunakan uji hipotesis statistik seperti uji F dan koefisien determinasi, serta analisis regresi untuk mengukur pengaruh Program Sekolah Ramah Anak terhadap karakter peserta didik. Analisis yang mendalam dilakukan untuk pemahaman yang komprehensif tentang dampak program secara statistik dan substansial. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa (1) Penerapan Program Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo mendapat predikat sangat baik dengan rata-rata variabel SRA mencapai 4,13 dari hasil angket. Ini menunjukkan upaya nyata sekolah dalam menciptakan lingkungan pembelajaran inklusif dan adil, serta menolak segala bentuk diskriminasi. (2) Karakter peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo menunjukkan tingkat positif dengan rata-rata tanggapan responden mencapai 3,99. Beberapa aspek seperti kemampuan membuat keputusan dan karakter disiplin perlu perhatian lebih. (3) Program Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter peserta didik kelas VII, hasil uji hipotesis menunjukkan nilai t statistik sebesar 3.528 dengan signifikansi 0.001. Hal ini menegaskan bahwa program ini efektif dalam membentuk karakter siswa, serta memberikan kontribusi dalam pengembangan akhlak mulia, kompetensi, dan prestasi peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azis, Annisa Rahmania06040120071@student.uinsby.ac.id06040120071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinhttp://syaifuddin.online-mr.com/2029116901
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Program sekolah ramah anak; karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annisa Rahmania Azis
Date Deposited: 27 May 2024 03:01
Last Modified: 27 May 2024 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70247

Actions (login required)

View Item View Item