Analisis tingkat kesiapan manajemen layanan IT berdasarkan service design framework itil v4: studi kasus : Startup Fun Bahasa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wafrina, Nadiatu (2024) Analisis tingkat kesiapan manajemen layanan IT berdasarkan service design framework itil v4: studi kasus : Startup Fun Bahasa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadiatu Wafrina__H06219012 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nadiatu Wafrina__H06219012 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penerapan manajemen layanan IT membutuhkan kerangka kerja untuk membantu perusahaan menginterpretasikan bentuk dan fungsi dari penerapan teknologi informasi, salah satu kerangka kerja yang dapat digunakan sebagai pedoman pelaksanaan manajemen layanan IT yakni ITIL. ITIL adalah kerangka kerja yang memberikan panduan yang berfokus kepada manajemen dalam perusahaan dan kepuasan pelanggan, dengan versi terbaru dari ITIL yakni ITIL V4. Salah satu practice dalam ITIL yang berhubungan dengan manfaat yang akan diterima oleh bisnis dengan menerapkan IT adalah service design. FunBahasa sebagai platform layanan IT membutuhkan sebuah standarisasi layanan IT dengan ITIL V4 practice service design yang dapat membantu merancang layanan IT yang mengacu kepada tujuan bisnis dan kepuasan pelanggan, sebelum dilakukan standarisasi dilakukan analisis tingkat kesiapan guna mengetahui kondisi yang ada pada FunBahasa. Analisis tingkat kesiapan menggunakan indikator maturity level pada 4 dimensi ITIL V4 yang didapatkan hasil bahwa level keseluruhan dimensi berada pada level 2, hal ini menjelaskan bahwa proses atau fungsi yang ada di dalamnya berada pada tahap sudah dilaksanakan namun belum dilaksanakan dengan baik dan belum distandarisasi, terdapat 3 rekomendasi peningkatan pelayanan pada dimensi organization and people, dimensi information and technology terdapat 3 rekomendasi, dimensi partners and suppliers terdapat 2 rekomendasi dan pada dimensi value stream and processes terdapat 2 rekomendasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wafrina, Nadiatunadiawafrina99@gmail.comH06219012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Ahmadahmadyusuf@uinsby.ac.id2020019001
Thesis advisorAnanto, Prasasti Karunia Faristaprasasti.ananto@uinsby.ac.id2004079701
Subjects: Tehnik Informatika
Keywords: Analisis Tingkat Kesiapan; Maturity Level; Service Design; Manajemen Layanan IT; ITIL
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Nadiatu Wafrina
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:03
Last Modified: 23 Aug 2024 07:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70266

Actions (login required)

View Item View Item