Determinan ekspor teh Indonesia ke mMlaysia tahun 2000-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tomassi, Adriano Athalla (2024) Determinan ekspor teh Indonesia ke mMlaysia tahun 2000-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adriano Athalla Tomassi_G01219001.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Adriano Athalla Tomassi_G01219001_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 May 2027.

Download (3MB)

Abstract

Teh merupakan salah satu dari banyak jenis minuman yang banyak digemari didunia sehingga permintaannya memiliki angka yang tinggi. Indonesia sendiri menduduki peringkat keenam negara dengan eksportir teh tertinggi di dunia. Oleh karena itu, teh termasuk kedalam komoditas kepercayaan ekspor Indonesia. Sebagai negara pengekspor teh terbesar, Indonesia mengekspor komoditas teh di berbagai negara. Salah satunya Malaysia, yang merupakan negara pengimpor teh Indonesia terbesar di ASEAN. Terdapat beberapa faktor yang membuat Indonesia melakukan ekspor teh ke Malaysia. Faktor GDP menjadi salah satu penyebab ekspor teh. GDP Malaysia sendiri mengalamai kenaikan angka dalam 5 tahun terakhir. Pada tahun 2021 angka GDP Malaysia mencapai 406.31 US$. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang bersumber dari Kementrian Pertanian, Badan Pusat Statistik (BPS), World Bank, Bank Indonesia. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Teknik error correction model (ECM) dan sering dikenal sebagai model koreksi kesalahan dengan menggunakan aplikasi Eviews 10. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa Produksi teh Indonesia dan Pengaruh GDP Malaysia yaitu berpengaruh positif terhadap volume ekspor teh Indonesia ke Malaysia, namun sebaliknya pengaruh kurs rupiah/dollar dan pengaruh harga teh Indonesia memiliki pengaruh negatif terhadap volume ekspor teh Indonesia ke Malaysia. Secara simultan produksi teh Indonesia, kurs rupiah/dollar, pengaruh harga, pengaruh GDP Malaysia berpengaruh secara signifikan terhadap volume ekspor teh Indonesia ke Malaysia Tahun 2000-2021. Dapat disimpulkan bahwa perlu adanya hubungan yang baik antar negara untuk mengupayakan pengendalian berbagai variabel, serta untuk menjaga kualitas teh dan memperluas area perkebunan, sehingga dapat menambah ketersediaan lapangan pekerjaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tomassi, Adriano Athallaadrianoathalla12@gmail.comG01219001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Betty Silfia Ayubettysilfia01@gmail.com0010068707
Subjects: Ekonomi
Indonesia
Keywords: Volume ekspor teh; produksi teh indonesia; kurs rupiah/dollar;harga teh indonesia; GDP malaysia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Adriano Tomassi
Date Deposited: 27 May 2024 02:52
Last Modified: 27 May 2024 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70274

Actions (login required)

View Item View Item