Analisis determinan ekspor kopi indonesia ke singapura tahun 2000-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Galih (2024) Analisis determinan ekspor kopi indonesia ke singapura tahun 2000-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Galih Saputra_G01219011 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Galih Saputra_G01219011 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 May 2027.

Download (1MB)

Abstract

Indonesia menempati peringkat empat sebagai negara eksportir kopi di dunia. Kopi di Indonesia menjadi komoditi utama dan memegang peranan penting sebagai salah satu penghasil devisa terbesar Indonesia. Selain itu, juga menjadi sumber pendapatan bagi petani kopi dan penyedia lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Skripsi ini berjudul “Analisis Determinan Ekspor Kopi Indonesia ke Singapura Tahun 2000-2021” yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah pada penelitian ini terkait pengaruh produksi kopi Indonesia, GDP Singapura, harga kopi dunia, dan harga kopi domestik terhadap volume ekspor kopi Indonesia ke Singapura. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS), International Coffee Organization (ICO), World Bank, dan Direktorat Jenderal Perkebunan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Error Correction Model (ECM) dengan menggunakan aplikasi Eviews 10. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa produksi kopi Indonesia berpengaruh terhadap volume ekspor kopi Indonesia ke Singapura, GDP Singapura tidak berpengaruh terhadap volume ekspor kopi Indonesia ke Singapura, harga kopi dunia berpengaruh terhadap volume ekspor kopi Indonesia ke Singapura, dan harga kopi domestik berpengaruh terhadap volume ekspor kopi Indonesia ke Singapura. Disimpulkan bahwa Pemerintah harus dapat menerapkan beberapa kebijakan kebijakan yang dapat meningkatkan kualitas kopi Indonesia guna menunjang ekspor kopi Indonesia ke pasar Internasional. Area perkebunan kopi harus lebih diperluas sehingga dapat menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Galihgalihsap96@gmail.comG01219011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Betty Silfia Ayubettysilfia01@gmail.com0010068707
Subjects: Ekonomi
Indonesia
Keywords: Volume ekspor kopi; produksi kopi; GDP singapur; harga kopi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Galih Saputra
Date Deposited: 28 May 2024 03:15
Last Modified: 28 May 2024 03:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70275

Actions (login required)

View Item View Item